Menu Buka Puasa Lengkap Dengan Takjil Di Hari Pertama

Menu buka puasa - Resep menu buka puasa perlu untuk kita persiapkan mulai dari sekarang ini mengingat bulan ramadhan yang akan tiba sebentar lagi. Pada hari pertama, awal kita mulai berpuasa tentu akan menginginkan menu untuk buka puasa yang paling istimewa. Melihat 12 jam lamanya kita menahan berpuasa akan membuat kita makan jajanan takjil saat buka puasa tiba dengan rasa gembira. Untuk itu sebagai seorang wanita kita perlu memikirkan menu makanan buka puasa yang akan dihidangkan nantinya.

Meskipun kita sudah menahan lapar dalam seharian di bulan ramadhan, kita wajib untuk mengendalikan diri ketika tiba waktunya untuk berbuka puasa. Apabila kita tidak pandai memilih makanan yang harus kita dahulukan untuk dimakan justru akan membuat perut kita menjadi terasa sakit oleh karenanya kita harus memilih menu buka puasa yang sehat. Lalu resep masakan untuk anak seperti apakah yang baik di hidangkan ketika mulai belajar berpuasa di bulan ramadhan ? Dan sulitkah untuk membuat menu makanan buka puasa tersebut ?

Tak perlu cemas ataupun gundah karena kami griya wanita disini akan mencoba berbagi menu masakan buka puasa yang dapat anda coba di hari pertama bulan ramadhan. Disini kami akan mencoba berbagi beberapa menu buka puasa yang praktis dimana dapat anda gunakan selama bulan ramadhan ini. Mari langsung saja kita lihat daftar menu berbuka puasa yang sudah kami persiapkan dibawah ini.

Menu Buka Puasa Lengkap Dengan Takjil Di Hari Pertama

Resep menu buka puasa bulan ramadhan


Menu berbuka di hari pertama ini kami akan mencoba memberikan resep bola daging lada hitam. Masakan ini akan cocok bagi anda yang sudah mulai bosan dengan olahan daging giling dengan bumbu semur ataupun bumbu lainnya. Selain itu cara membuat bola daging lada hitam inipun juga tidak terlalu sulit, dimana intinya hanya daging giling yang diberi tambahan dengan bumbu lada hitam saja. Mari langsung saja kita lihat resep dan cara membuat menu masakan buka puasa dari olahan daging giling tersebut, simak ulasannya dibawah ini :

Resep bola daging lada hitam


Bahan yang perlu dipersiapkan :

  • 300 gr daging giling
  • 250 ml air
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdt tepung sagu ditambahkan 1 sdt air
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 2 sdm margarin untuk menumis
  • 2 sdt lada hitam
  • 1 batang daun bawang, diiris miring
  • 1 buah bawang bombay, diiris panjang tebal
  • 2 buah cabai hijau, dipotong bulat 1cm
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm saus tomat

Cara membuat bola daging lada hitam :

  1. Pertama - tama masukkan daging giling dan garam yang sudah kita persiapkan ke dalam wadah kemudian aduk rata. Setelah itu bentuk bola - bola sesuai selera. Lalu sisihkan.
  2. Setelah itu panaskan margarin di atas wajan menggunakan api sedang lalu masukkan bola daging tadi dan tumis hingga berwarna kecoklatan.
  3. Kemudian masukkan cabai hijau dan bawang bombay lalu tumis hingga tercium aroma harum.
  4. Jangan lupa untuk menambahkan saus tomas, lada hitam, saus tiram, gula dan garam. Aduk hingga rata.
  5. Selanjutnya tuang 250 ml air ke dalam bola daging. Masak diatas api sedang sampai bumbu meresap semua.
  6. Setelah bumbu meresap masukkan larutan tepung sagu. Masak hingga mengental.
  7. Terakhir masukkan daun bawang, aduk rata. Lalu angkat dan bola daging lada hitam siap dihidangkan.

baca juga :


Namun tidak lengkap rasanya jika kita berbuka puasa tidak di temani dengan sesuatu yang manis terlebih dahulu. Untuk melengkapinya, kami akan coba berikan menu takjil buka puasa yang berupa kolak labu kuning. Mari kita lihat resep dan bagaimana cara membuat kolak labu kuning pada ulasan dibawah ini :

Resep kolak labu kuning
Resep menu takjil buka puasa


Bahan yang perlu dipersiapkan :

  • 500 gram Labu Kuning. Cuci bersih bagian kulitnya (jangan dibuang) sebelum dipotong - potong.
  • 1/4 kg Gula Merah, iris/sisir tipis agar mudah larut.
  • Garam secukupnya (penyedap)
  • 500 ml air  
  • 2 lembar Daun Pandan 
  • 500 ml santan

Cara Membuat Kolak Labu Kuning :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memotong labu kuning bersama kulitnya sesuai selera, dan jangan lupa untuk buang bijinya.
  2. Setelah itu rebus 500 ml air, daun pandan, gula merah dan garam. Tunggu sampai air mendidih dengan kondisi gula merah larut.
  3. Kemudian masukkan labu kuning, masak sampai mendidih, tambahkan santan, masak sambil diaduk hingga labu kuning matang agar santan tidak pecah.
  4. Angkat dan kolak labu kuning siap untuk disajikan

Demikian pembahasan tentang resep makanan buka puasa yang dapat kita sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel kami diatas dapat memberikan manfaat dan memberikan inspirasi akan menu buka puasa di bulan ramadhan tahun ini. Sekian dan terima kasih ..


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.