Tips Memandikan Bayi Dengan Aman dan Tepat

Bagaimana cara memandikan bayi baru lahir dan perawatan tali pusat dengan baik dan benar ?  Memandikan bayi ialah kegiatan penting yang harus dikerjakan secara benar bagi orang tua. Selain bermanfaat untuk membersihkan badan bayi, memandikan bayi perlu dilakukan dengan hati-hati supaya tidak melukai bayi mengingat kondisi bayi yang masih rentan. Selain itu, memandikan bayi merupakan bagian penting dari perawatan bayi.

Dikarenakan memandikan bayi merupakan salah satu perawatan bayi yang penting maka kita harus mengetahui cara memandikan bayi baru lahir dengan benar. Oleh karena itu kami akan berbagi tips memandikan bayi dengan aman dan tepat, dan berikut ulasannya :

Tips Memandikan Bayi Dengan Aman dan Tepat

Memandikan Bayi Dengan Aman dan Tepat


Peralatan mandi yang harus disiapkan :
1. Bantal dan Handuk
  • Jika Anda hanya ingin melap bayi Anda, maka penggunaan bantal dan handuk akan sangat membantu proses ini, apalagi tangan Anda kan harus terus-menerus memegang si kecil. Letakkan bantal yang dibungkus dengan handuk dan baringkan bayi Anda di atasnya. Jangan lupa, kegiatan ini sebaiknya Anda lakukan dalam ruangan yang tertutup, agar bayi Anda tidak kedinginan. 
2. Bak mandi bayi.
  • Sebelum Anda membawa bayi Anda untuk dimandikan, pastikan bak mandi bayi sudah tersedia dan siap pakai. Anda dapat melapis dasarnya dengan handuk atau spons, agar bayi Anda merasa lebih nyaman dan juga aman. Penggunaan bak mandi ini biasanya untuk bayi yang sudah agak besar. 
3. Kain waslap
  • Anda juga akan memerlukan kain waslap atau spons mandi untuk bayi. Mulailah membuka pakaiannya satu per satu agar ia tidak kedinginan. Basuh tubuhnya mulai dari bagian leher ke bawah.
4. Bola kapas
  • Bola kapas sangat membantu untuk membersihkan bagian sekitar mata bayi. Mulailah membersihkannya mulai dari bagian dalam matanya ke arah bagian luar. Gunakan bola kapas yang berbeda untuk setiap mata. 
5. Popok bersih
  • Sebelum Anda memakaikan baju kepadanya, sediakan dulu popok bersih untuknya. 

6. Handuk bertopi
  • Handuk bertopi sangatlah baik untuk mengeringkan bayi Anda setelah mandi. Ingatlah, jangan menggosok-gosokkan handuk tersebut ke badannya, karena nanti kulitnya bisa lecet. Cukup ditepuk-tepuk hingga kering.
7. Alkohol
  • Jika tali pusar bayi Anda masih menempel, maka Anda bisa menggunakan alkohol untuk menjaga kebersihannya. Namun begitu, sebaiknya tanyakan dulu pada dokter Anda apakah memang penggunaan alkohol tersebut dibolehkan untuk bayi Anda. 
8. Produk kulit bayi
  • Banyak kontoversi seputar penggunaan lotion dan bedak untuk bayi. Yang jelas, hindari penggunaan produk yang menggunakan parfum, serta hindari pemakaian bedak bubuk, karena bisa menimbulkan gangguan pernafasan pada bayi Anda. 
9. Sabun bayi
  • Pemakaian sabun, sebenarnya bisa menganggu stabilitas pH tubuh bayi Anda. Padahal, pH tubuhnya tersebut bisa membantu melindunginya dari berbagai kuman. Nah, apapun sabun bayi yang Anda pilih, usahakan untuk memilih produk yang bebas parfum dan hypoallergenic. Pemakaian sabun pun tidak perlu setiap hari… cukup 1 kali setiap minggu atau bahkan setiap 2 minggu, hingga bayi Anda tumbuh lebih besar dan berinteraksi dengan lebih banyak kotoran. 
10. Shampoo bayi
  • Pilihlah yang tidak perih buat matanya. Gunakan shampoo 1 atau 2 kali setiap minggu. Caranya, jatuhkan 2 atau 3 tetes shampoo pada kepala bayi Anda, lalu gosoklah kulit kepalanya secara perlahan-lahan. 
11. Gunting kuku
  • Setelah ia mandi, kukunya menjadi sangat lunak. Makanya ini merupakan waktu yang baik untuk merapihkan kukunya. 
12. Sikat halus
  • Untuk membersihkan kerak atau kotoran yang melekat di kulit kepala bayi Anda, gunakanlah sikat yang sangat halus. Anda bisa melakukannya setiap hari, setelah mandi. 

Berikut ini cara memandikan bayi yang aman: 
  1. Pilih ruangan dengan suhu ruangan yang tidak terlalu dingin maupun terlalu panas. 
  2. Siapkan sabun mandi dan sampo khusus bayi, handuk, popok bersih, serta pakaiannya di sekitar Anda. Bila memakai bak atau baskom, penuhi bak untuk menampung air mandi yang hangat dengan air setinggi 7 cm saja. Hindari mencampurkan cairan ke dalam air mandi bayi Anda, air bersih saja sudah cukup. 
  3. Masukkan bayi ke dalam air dimulai dari kakinya dan letakkan salah satu tangan Anda untuk menopang leher serta kepala bayi. Lalu, tuangkan air hangat ke tubuh bayi agar ia tidak kedinginan. Gunakan sabun dalam jumlah sedikit saja supaya kulit bayi tidak kering. Gunakan kain atau spons mandi untuk membasuh sabun dari arah atas ke bawah, dan depan ke belakang. 
  4. Selanjutnya, sabuni area kepala menggunakan sabun, diikuti area mata dan wajah tanpa menggunakan sabun, serta area kemaluannya. Bilas tubuh bayi dengan air kemudian keringkan tubuhnya. 
  5. Angkat bayi dengan tangan Anda menopang leher serta kepalanya, dan tangan lainnya menopang bagian bokongnya. Kunci jari-jari Anda mengeliling paha kecil bayi agar bayi tidak tergelincir dari tangan Anda. 
  6. Bungkus bayi dalam handuk dan tepuk-tepuk tubuhnya perlahan untuk memastikan seluruh area tubuhnya kering. Jika kulit bayi masih dalam tahap pengelupasan, oleskan lotion khusus bayi setelah mandi. 
  7. Kemudian, pakaikan popok, pakaian, dan Anda pun selesai memandikan bayi. (PA)
Jika memungkinkan, ajak pasangan untuk memandikan bayi dan untuk menggendong bayi menggunakan tangan yang kering agar memperkecil risiko bayi tergelincir.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memandikan bayi, terutama pada bagian-bagian tertentu dimana kondisinya begitu sulit untuk dijangkau dan juga mengingat keadaan kulit bayi yang masih sensitif. Daerah yang kami maksud tersebut adalah :

Daerah Perlu Diperhatikan Pada bayi laki-laki:
Bersihkan kotoran yang ada pada kulup secara perlahan, dorong lembut kulit penis ke pakaiannya. Sekalah (seko) kotoran dengan kasa basah.

Daerah Perlu Diperhatikan Pada bayi perempuan:
Bersihkan daerah kemaluan dari depan ke belakang (dari kemaluan ke anus dan dapat diulang dengan kasa baru), demikian pula dengan selangkangan.

Semoga apa yang telah kita bahas kali ini dapat memberikan manfaat saat kita memandikan anak kita. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian dalam telinga dan hidung. Bersihkan lubang hidung yang terlihat dengan kapas (cotton bud) basah dan bersihkan bagian terluar telinga yang bisa dilihat dengan kapas basah. Baca juga artikel kami lainnya tentang Cara Menyusui Bayi Dengan Posisi Yang Benar. Sekian dan Terima kasih

1 komentar so far

Bagaimana cara yang benar membersihkan hidung bayi ?? mohon penjelasannya, Terima kasih


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.