Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Secara Alami

Rasa mual disertai keinginan muntah yang umumnya dialami oleh ibu hamil muda pada masa 3 bulan awal kehamilan atau trimester pertama dari usia kehamilan sering disebut dengan Morning Sickness. Bau makanan tertentu menjadi pemicu timbulnya rasa mual ingin muntah dan pusing saat hamil. Sehingga sering para wanita hamil bersama pasanganannya mencari obat mual untuk ibu hamil untuk mengatasi mual saat hamil yang tidak tertahankan.

 
Cara mengatasi mual saat hamil - Bagaimana cara menghilangkan mual saat hamil secara alami ? Mual saat hamil yang biasa terjadi pada trimester pertama kehamilan akibat makanan atau bau tertentu itu adalah suatu hal yang wajar tapi membuat aktivitas para ibu hamil cukup terganggu. Anda sebagai ibu hamil pasti mempunyai kecenderungan tersendiri terhadap hal-hal yang memicu terjadinya mual dan muntah. 

Mual saat hamil di pagi hari atau morning sickness sering kali datang di pagi hari, meskipun yang terjadi ibu hamil selalu ingin muntah bisa kapan saja baik siang ataupun malamnya. Ketika pusing saat hamil yang mengakibatkan muncul rasa ingin muntah, cara menghilangkan rasa mual ibu hamil anda disarankan menjauhi tempat-tempat yang mengeluarkan  bebauan. Hadirnya rasa mual saat hamil muda tidak diketahui pasti apa penyebabnya, tapi ada kemungkinan yang disebabkan karena banyaknya perubahan fisik yang terjadi pada tubuh ibu hamil. Beberapa penyebab mual saat hamil dapat meliputi :
  1. Tingginya Kadar HCG
  2. Hormon Progesteron
  3. Makanan
  4. Lebih Sensitif Terhadap Bau dan Rasa
  5. Stres

Dengan mengetahui obat mual untuk ibu hamil akan sangat bermanfaat untuk meringankan risiko yang seperti lemasnya badan karena terlalu sering muntah dan rasa pusing saat hamil. Mesikpun mual saat hamil merupakan keadaan wajar yang pasti dialami setiap wanita hamil dan mual muntah saat hamil pertanda janin kuat. Berikut ini hal yang bisa anda lakukan sebagai cara mengatasi mual saat hamil.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Secara Alami

Mengatasi mual saat hamil

Cara menghilangkan mual secara alami diantaranya dengan :
  • Makan dengan porsi sedikit tapi sering
  • Duduk setelah makan
  • Sediakan makanan ringan berkualitas, seperti crackers
  • Hindari makanan dan bau yang menjadi pemicu
  • Hindari makanan pedas, asam, dan berlemak
  • Sikat gigi dan berkumur sehabis makan
  • Suplai cairan dengan minuman yang tepat.
  • Nikmati pagi dan sore Anda
  • Konsumsi vitamin kehamilan Anda secukupnya
  • Hirup aromaterapi

baca juga artikel kami lainnya : Tahapan Perkembangan Bayi 1 Bulan Hingga 12 Bulan

Susu ibu hamil muda juga dianjurkan oleh para dokter namun ada beberapa minuman yang dapat membantu mengatasi rasa mual. Berikut ini adalah contohnya, anda bisa memilih salah satu untuk dicoba :

1. Jahe hangat.
  • Masyarakat di pedesaan mengetahui manfaat jahe sebagai peminimalisir rasa mual saat terserang morning sickness. Minumlah kopi atau wedang jahe hangat saat muncul gejala mual.
2. Teh mint.
  • Daun teh yang mengandung menthol bisa mengatasi rasa mual pada ibu hamil. Usus Anda akan menyambut baik kedatangan teh mint dibanding teh dengan rasa manis biasa.
3. Larutan lemon.
  • Anda bisa memeras satu buah lemon dan mencampurnya pada satu gelas air putih dingin. Lemon memang mengandung vitamin C dan banyak cairan, tapi bukan itu yang membantu, melainkan rasa asamnya yang bisa mengusir mual.

Jika cara mengatasi rasa mual saat hamil di atas sudah dilakukan namun mual dan muntah semakin parah sehingga anda tidak bisa mengonsumsi banyak jenis asupan, entah itu air, makanan, atau vitamin prenatal, dan bahkan obat, anda harus waspada dan sebaiknya anda harus segera konsultasikan diri ke dokter kandungan. Baca juga artikel kami lainnya tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Kuning pada Bayi. Terima kasih



EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.