Cara Akurat Mengetahui Kehamilan Menggunakan Alat Test Kehamilan (test pack)

Cara Akurat Mengetahui Kehamilan Menggunakan Alat Test Kehamilan (test pack) - Bagaimana cara cek kehamilan menggunakan test pack akurat ? Salah satu cara termudah dan akurat agar dapat mengetahui jika anda telah hamil adalah dengan menggunakan alat tes kehamilan yang biasa dikenal dengan sebutan home pregnancy atau tespek (Test Pack). Alat tes kehamilan /  tespek kehamilan ini sangat mudah dicari dan tersedia di apotek, toko dan supermarket diseluruh Indonesia dengan harga yang variatif.

Alangkah lebih baik kalau anda segera memastikan apakah anda sedang hamil atau tidak dengan menggunakan test pack, jika anda sudah terlambat haid dan merasakan adanya tanda-tanda kehamilan baik secara fisik ataupun psikologis. Sebab hasil test pack dapat menjadi salah satu cara mengetahui dini kehamilan dengan tingkat akurasi sebesar 99%.

Ada beberapa cara dalam melakukan cek kehamilan, yaitu :

  1. Pemeriksaan USG, yaitu dengan melihat janin secara langsung.
  2. Tes darah, yaitu dengan cara menguji kadar hCG.
  3. Tes urine, Pada prinsipnya cara ini sama dengan menggunakan tes darah, yaitu dengan mendeteksi kadar hCG melalui urine.

Pada artikel kami kali ini akan membahas mengenai cara memakai test pack untuk cek kehamilan secara akurat. Tes ini merupakan cara termudah yang bisa anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus repot pergi ke laboratorium. Langsung saja kita simak pembahasan cara menggunakan alat tes kehamilan tes pack secara akurat dibawah ini :

Cara Akurat Mengetahui Kehamilan Menggunakan Alat Test Kehamilan (test pack)



  • Pengertian Tespek (Test Pack)
Test pack adalah alat untuk mengetahui kehamilan secara dini dengan mendeteksi kadar hormon kehamilan atau hCG (human chorionic gonadotropin) yang berada didalam urine (air seni) atau darah yang diproduksi oleh sel telur setelah dibuahi dan menempel pada dinding rahim.

Setelah terjadinya proses pembuahan sel telur oleh sperma dan anda hamil, lalu sel telur akan memproduksi hormon hCG dengan meningkat 2x lipat setiap hari. Hormon hCG inilah yang nantinya akan dibaca oleh test pack kira-kira satu minggu setelah pembuahan.


  • Waktu Terbaik Menggunakan Tespek
Test pack atau alat tes kehamilan seringkali baru digunakan ketika anda terlambat haid. Yang jarang diketahui tes kehamilan juga bisa menunjukkan hasil akurat bila dilakukan 2 hari sebelum haid atau 14 hari setelah anda berhubungan intim di masa subur.

Jika anda melakukan tes kehamilan terlalu dini, yaitu setelah berhubungan badan yang ditandai dengan perdarahan kecil atau flek, maka hasil yang didapat akan terlihat samar atau tidak begitu akurat. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, alat tes tertentu sudah bisa dilakukan 7 hari setelah berhubungan badan (pembuahan). Hal ini berarti anda sudah memasuki usia kehamilan bulan pertama sehingga dapat menghindari hasil test pack samar.

Banyak produsen test pack yang memberikan jaminan bahwa produknya mampu mendeteksi kehamilan pada hari ketujuh setelah berhubungan badan. Memang benar bila anda melakukan tes kehamilan pada hari ketujuh setelah berhubungan intim sudah dapat diperoleh hasilnya apakah hasil test pack anda positif hamil atau hasil test pack negatif hamil, walaupun terkadang masih samar garisnya.

Setiap produk test pack memberikan syaret waktu memakai test pack yang berbeda-beda, tergantung pada tingkat kepekaan alat. Ada yang mensyaratkan test dilakukan pada pagi hari, dengan alasan bahwa urine di pagi hari lebih pekat, sehingga deteksi kadar hCG (hormon kehamilan) oleh alat test menjadi lebih mudah.

Sedangkan pada beberapa alat tes yang lebih peka dan akurat, disebutkan bahwa tes bisa dilakukan kapan saja. Pada kenyataannya produksi hormon kehamilan hCG pada setiap wanita itu berbeda-beda, tetapi pada umumnya test pack mampu mendeteksi dengan jelas pada 2 minggu setelah berhubungan badan (pembuahan).

  • Cara Menggunakan Test Pack
Sebelum anda menggunakan test pack, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih test pack dengan benar. Pastikan bahwa test pack yang anda gunakan harus memiliki tanggal kadaluara dan jangan terlalu terpatok harga test pack yang sensitif ataupun akurat.

Karena jika telah melewati dari tanggal kadaluarsa maka test pack tidak akan akurat lagi dalam mendeteksi kehamilan. Pastikan selalu tanggal kadaluarsa dari test pack yang anda beli. Pilihlah test pack yang memerlukan kadar hCG sedikit. Untuk informasi tersebut, anda dapat menanyakannya kepada apoteker di tempat anda membeli test pack.


Ada dua jenis test pack yaitu dalam bentuk strip dan compact

1. Cara Menggunakan Test Pack Berbentuk Strip

Pertama-tama, anda harus mencelupkan test pack berbentuk strip ke dalam urin yang telah ditampung dalam sebuah wadah, atau  test pack berbentuk strip anda sentuhkan pada urin saat anda buang air kecil. Saat test pack berbentuk strip menyentuh urin, biasanya akan terjadi perubahan warna, pertambahan garis atau tanda positif yang menunjukkan adanya hCG di dalam urin. test pack berbentuk strip umumnya akan menunjukkan dua garis merah sebagai tanda positif hamil. Bila tidak ada hCG dalam urin yang akan muncul adalah tanda satu strip saja yang berarti negatif, atau tidak hamil. Setelah melakukan uji kehamilan melalui test pack berbentuk strip, inilah hasil yang akan didapatkan:

Pertama:

Negatif hamil (tidak hamil) mempunyai tanda satu garis
  • Setelah melakukan test kehamilan akan didapatkan hasil test pack. Bila hasil menunjukkan tanda satu garis berarti anda tidak hamil. Tanda satu garis itu sebenarnya merupakan garis control yang disertai dengan keterangan simbol huruf C yang menunjukkan bahwa penggunaan test pack anda sudah benar, tetapi pada garis kedua tidak muncul tanda, hal itu disebabkan karea pada urine anda tidak terdapat adanya hormon kehamilan hCG. Keakuratan test pack juga dapat mempengaruhi hasil test hamil cara urine ini bekerja. Anda akan yakin dan bisa merasakan ciri-ciri kehamilan anda, bila anda menggunakan test pack dengan sensitifitas yang baik, harga dari test pack ini biasanya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan test pack dengan sensitifitas rendah.
    cara tes kehamilan
  • Bila tidak ada tanda pada garis control dan garis kedua juga tidak muncul tanda dengan kata lain tidak ada garis sama sekali, hal ini berarti menandakan penggunaan test pack anda salah dan hars anda ulangi dengan cara yang benar untuk mengetahui hasil test hamil anda.
    cara memakai test pack

Kedua:

Positif hamil mempunyai tanda dua garis jelas
  • Bila hasil test kehamilan anda terlihat adanya tanda dua garis jelas pada test pack anda, maka 97 % anda hamil. Untuk memastikan anda benar-benar sedang hamil, anda bisa ke dokter atau bidan untuk test kehamilan kembali.
    cara memakai test pack

Positif hamil mempunyai tanda dua garis jelas dan samar
  • Saat anda melakukan test kehamilan, test pack menunjukan tanda dua garis samar-samar atau garis yang tidak jelas dan berwarna kurang terang atau tidak tegas berarti anda sedang hamil. Untuk memastikan kembali sebaiknya anda melakukan tes kehamilan kembali pada 7 hari berikutnya, karena kemungkinan besar hormon hCG anda belum begitu banyak dan beberapa faktor mempengaruhi penyebab hasil tespek samar-samar.

  • Apa faktor penyebab hasil test pack samar?
1. Tes kehamilan dilakukan terlalu dini.
Produksi hormon hCG pada tiap orang memang berbeda-beda, namun sesaat setelah pembuahan berhasil hCG belum langsung diproduksi. hCG diproduksi pada saat setelah berhasil menempel pada rahim yang biasanya terdeteksi 6 hingga 9 hari setelah ovulasi.
2. Sensifitas alat tespek. Alat tespek punya sensitifitas masing-masing, keakuratan dan sensitifnya alat ini menjadi pembeda dalam kejelasan garis. Jika tespek sensitif garis lebih tegas dan jika kurang sensitif garis menjadi samar. Namun tetap saja jelas atau samar alat telah mendeteksi adanya hormon hCG, dan anda dideteksi sedang hamil.

3. Urine terlalu encer. Kekentalan urine bisa menunjukan hasil yang lebih tegas karena kadar hCG lebih tinggi. Terlalu banyak minum air membuat urine encer, sebaiknya kurangi minum sebelum melakukan tes. Sebaiknya gunakan urine ditengah dengan cara keluarkan sedikit dahulu lalu ditampung. Urine pada saat bangun tidur juga bagus karena lebih kental setelah terdiam selama satu malam.

2. Cara Menggunakan Test PackBerbentuk Compact
Untuk penggunaan test pack berbentuk compact, anda bisa langsung meneteskan urin pada test pack.

  1. Pada test pack yang berbentuk compact, jika urin yang disentuhkan mengandung hCG, maka akan muncul tanda positif. Sebaliknya jika urin tidak cukup mengandung hCG, maka yang muncul adalah tanda negatif, yang menunjukkan bahwa anda tidak sedang dalam keadaan hamil.
  2. Sebaiknya anda memilih test pack dalam bentuk compact, yaitu yang memiliki wadah penampung urine, dibandingkan dengan bentuk strip, yaitu bentuk test pack dengan cara kerja dicelupkan  kedalam wadah yang berisi urine. Untuk kenyamanan diri sebaiknya anda memilih tempat untuk tes kehamilan dikamar mandi atau toilet.

  • Akurasi Test pack
Seberapa besarkah sebenarnya test kehamilan sendiri dirumah menggunakan tespek? Sangat akurat.Meskipun diperkirakan 97% tingkat keakurasiannya namun dalam kenyataannya jika anda mengikuti petunjuk atau menggunakannya dengan benar maka akurasi test 99%-100%.

Jika anda menggunakan tes kehamilan dengan test darah akurasinya lebih besar yaitu 99,8% karena tingkat salah penggunaan alat sangat minim. Pada test hamil menggunakan test pack ada beberapa hal yang mempengaruhi tingkat akurasinya, antara lain:
  • Ketelitian anda dalam menggunakan test pack dengan benar, cara penggunaan yang benar membuat tes hamil akurat.Kecepatan proses implantasi setelah terjadinya ovulasi dan pembuahan, hal tergantung dari tiap-tiap individu.Kapan anda melakukan tes hamil, terlalu cepat membuat test tidak akurat karena hormon hCG belum dikeluarkan sebelum proses implantasi terjadi meskipun pembuahan berhasil.Sensivitas alat test kehamilan atau tespek dan perhatikan test pack harus masih baik digunakan atau belum kedaluarsa.Hamil anggur,yaitu kasus ketika terjadi pembuahan dan implantasi dan mengakibatkan munculnya hormon hCG tapi yang terjadi bukan hamil namun sejenis kanker. Dinamakan juga hamil palsu.

baca juga artikel lainnya : 
  1. Tips dan Trik Supaya Cepat Hamil
  2. Cara Berhubungan Badan agar Cepat Hamil

Demikianlah pembahasan tentang Cara Akurat Mengetahui Kehamilan Menggunakan Alat Test Kehamilan (test pack), semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.