Cara Menghilangkan Penyakit Kuning Pada Bayi Baru Lahir

Penyakit Kuning Pada Bayi - Bagaimana cara mengatasi penyeakit kuning pada bayi yang baru lahir ? Mengetahui tanda bayi kuning yang normal adalah suatu hal yang perlu untuk diketahui bagi para orang tua yang memiliki bayi dengan bilubirin tinggi ketika baru lahir. Namun yang perlu anda ketahui saat menjaga seorang bayi tentu saja anda harus membekali diri dengan pengetahuan tentang berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu penyakit kuning pada bayi.

Meskipun sakit kuning termasuk ke dalam golongan penyakit yang umum dialami pada bayi yang baru lahir, dengan demikan kita harus mengetahui apa penyebab mata kuning pada bayi yang baru lahir. Akan tetapi penyakit yang disebabkan karena bilirubin terlalu tinggi itu memiliki sifat patologis, yang artinya jika tidak segera mendapatkan perawatan dan penanganan sakit kuning pada bayi secara tepat dapat membahayakan kesehatan hingga jiwa bayi.

Seperti yang Anda ketahui, kuning pada bayi merupakan salah satu penyakit yang menyerang hati dan sering ditemui pada bayi yang baru lahir. "Jaundice" adalah istilah penyakit kuning dalam bahasa Inggris. Sakit kuning yang ditandai dengan perubahan warna mata bayi menjadi kuning ini disebabkan adalah hiperbilirubinemia atau yang lebih sering disebut dengan kelebihan bilirubin. Pada artikel kami kali ini akan membahas mengenai cara menghilangkan kuning pada bayi yang baru lahir dengan mudah di bawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Kuning Pada Bayi

Cara Mengatasi Penyakit Kuning Pada Bayi

Menurut situs online dr.Moedjito Dwijosiswojo, penyakit kuning pada bayi biasanya akan muncul setelah hari kedua atau ketiga sejak kelahiran. Namun kita tidak perlu khawatir, jika kondisi bayi kita sehat penyakit kuning yang terlihat dari mata bayi yang kuning tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah satu minggu atau lebih.

Untuk itu berdasarkan pengalaman saya sebagai ibu dari seorang anak yang pernah divonis menderita penyakit kuning tersebut, saya akan beritahukan sedikit informasi yang saya ketahui pada ulasan berikut ini :

Ciri - ciri kuning pada bayi


Meskipun gejala kuning pada bayi tergantung dari penyebab dan tingkat keparahannya, akan tetapi pada umumnya ciri ciri bayi kuning normal adalah :

  1. Dilihat dari kuning pada kulit, biasanya muncul pertama kali pada wajah dan kulit kepala
  2. Setelah itu akan terlihat kuning pada bagian putih mata (sclera)
  3. Kuning yang menyebar pada kulit tubuh (kuning sedang)
  4. Telapak tangan dan telapak kaki kuning (kuning berat)
  5. Mengantuk yang tidak biasa
  6. Kesulitan makan
  7. Pada beberapa kasus, feses atau kotoran berwarna terang dan urin berwarna gelap

Penyebab mata kuning pada bayi baru lahir


Selain itu, menurut dr.Moedjito Dwijosiswojo penyebab munculnya penyakit kuning pada bayi tersebut dapat terjadi karena sebagai berikut :

1. ASI kurang

  • Payudara ibu hanya sedikit memproduksi kolostrum di hari-hari pertama setelah melahirkan. Kurangnya ASI yang diterima oleh bayi dapat mempengaruhi fungsi hatinya.

2. Hepatitis neonatal

  • Beberapa jenis virus dapat memicu hepatitis pada bayi, seperti cytomegalovirus, rubella, dan hepatitis A, B and C. Bayi dengan hepatitis neonatal mungkin terkena infeksi virus saat dalam kandungan, atau dalam bulan pertama kehidupannya.

3. Rh (Rhesus) dan ABO blood group incompatibilities (ketidakcocokan golongan darah)

  • Ibu memproduksi antibodi yang menyerang sel-sel darah merah bayi selama semester akhir kehamilan. Hal ini berarti tingkat sel darah merah rusak yang harus dihilangkan oleh tubuh lebih tinggi, yang pada gilirannya akan memicu kenaikan tingkat bilirubin, sehingga bayi dapat terlahir dengan anemia dan mengalami kuning berat dalam beberapa jam setelah kelahiran.

4. Anemia hemolitik

  • Bisa jadi ini merupakan gangguan autoimun yang diwariskan, dimana sistem kekebalan tubuh bayi menghancurkan sel-sel darah merah. Juga dapat menjadi komplikasi dari gangguan lain, seperti sepsis (infeksi serius).

5. Galaktosemia

  • Galaktosa adalah gula susu. Bayi dengan galaktosemia tidak memiliki enzim yang diperlukan untuk memecah galaktosa. Tingginya kadar galaktosa dapat menyebabkan sirosis hati dan akhirnya kuning.

6. Atresia bilier

  • Saluran aliran empedu dari hati ke usus kecil rusak, alasannya tidak diketahui. Tanpa saluran empedu, empedu akan menumpuk di hati dan menyebabkan gejala kuning.

baca juga :

Cara Menghilangkan Kuning Pada Bayi Baru Lahir


Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi penyakit kuning pada bayi umur dibawah 1 minggu berdasarkan penyebab dan tingkat keparahannya, diantaranya :

1. Kuning ringan 

  • Jika bayi sehat dan terlihat tidak ada masalah, biasanya tidak diperlukan perawatan. Hati bayi hanya perlu waktu beberapa hari untuk siap memproses bilirubin dengan baik.

2. Kuning sedang

  • Fototerapi adalah pengobatan yang paling sering diterapkan (lihat foto atas). Fototerapi akan mengubah bilirubin di kulit bayi menjadi bahan kimia yang kurang berbahaya. Bayi akan ditempatkan di dalam inkubator hangat di bawah lampu biru. Untuk memaksimalkan paparan lampu, pakaian bayi akan ditanggalkan dan menggunakan pelindung/penutup mata. Fototerapi biasanya dilakukan selama satu atau dua hari. Untuk mencegah dehidrasi dan meningkatkan ekskresi bilirubin, bayi membutuhkan makan teratur setiap tiga sampai empat jam.

3. Kuning berat

  • Fototerapi tetap menjadi perawatan utama, tetapi dalam kasus kuning yang berat, mungkin diperlukan transfusi darah. Namun hal ini sangat jarang.

4. Kuning karena kurang ASI

  • Terus menyusui dan fototerapi tetap dilakukan.

5. Hepatitis neonatal

  • Tidak ada pengobatan medis spesifik. Biasanya diberikan suplemen vitamin dan mineral, atau obat-obatan untuk meningkatkan aliran empedu.

6. Anemia hemolitik

  • Pengobatannya tergantung dari penyebabnya. Misalnya, anemia hemolitik yang disebabkan oleh infeksi parasit malariadiobati dengan obat anti malaria.

7. Galaktosemia

  • Pengobatan utamanya adalah memastikan diet bayi tidak mengandung galaktosa atau laktosa. Biasanya, dilakukan dengan menghentikan pemberian ASI dan menggunakan susu formula khusus.

8. Atresia bilier

  • Biasanya dilakukan operasi untuk menyambungkan atau menghubungkan saluran kecil dari hati ke usus kecil agar empedu mengalir dengan baik.

lihat juga :

Demikian artikel kami kali ini yang membahas tentang penyakit kuning pada bayi dan beberapa macam pengobatan penyakit kuning. Harapan kami artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, apapun usaha yang kita lakukan jangan lupa untuk mengutipkan sebuah doa kepada Yang Maha Kuasa. Terima kasih

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.