Cara Menyembuhkan Batuk Pilek Pada Bayi 7 Bulan

Batuk pilek pada bayi 7 bulan - Bagaimana cara menyembuhkan batuk pilek pada bayi 7 bulan ? Memang membutuhkan kesabaran ketika kita sebagai orang tua sedang mengatasi batuk pilek pada bayi usia 7 bulan. Hal ini dikarenakan penyakit batuk pilek memang sering terjadi pada bayi yang masih berusia dibawah 1 tahun. Namun sering kali kita akan mulai merasa khawatir jika batuk berdahak pada bayi kita yang masih 7 bulan tersebut sudah disertai dengan bunyi "grok - grok" dimana terdapat dahak kental yang sulit dikeluarkan dari tenggorokan anak kita.

Badan demam, hidung ingusan, tersumbat, batuk kering, lalu batuk berdahak merupakan gejala awal batuk berdahak pada bayi dan anak balita yang sering dikenal oleh masyarakat kita dengan sebutan masuk angin. Sebenarnya penyakit batuk pilek pada bayi 4 sampai 7 bulan ini akan sembuh dengan sendirinya meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama akan tetapi batuk pilek tak kunjung sembuh pada balita usia 7 bulan ini sering membuat para orang tua gerah dan tidak sabar. Tindakan gegabahpun juga sering mereka lakukan, seperti salah satunya cara mengobati batuk berdahak pada bayi 7 bulan dengan memberikan obat batuk berdahak untuk bayi yang dijual bebas dipasaran. Pertanyaannya, bolehkah kita memberikan obat batuk berdahak untuk bayi 1 tahun meskipun dengan merk obat batuk pilek terbaik ?

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami Griya Wanita akan mencoba membahas solusi terbaik ketika anak batuk pilek terus menerus dan tak kunjung sembuh. Sebenarnya dengan tindakan yang tepat dalam kurun waktu 3 hingga 7 hari gejala batuk pilek akan sembuh dengan sendirinya, dimana akan terdapat perubahan seperti nafsu makan yang mulai membaik sehingga anak tampak lebih sehat dan hilangnya demam, sakit kepala, dan badan pegel pada bayi. Lalu tindakan seperti apakah yang dapat menghilangkan batuk dengan cepat tersebut ? Untuk itu mari kita simak ulasan mengenai pengobatan batuk berdahak pada bayi 7 bulan yang tak kunjung sembuh secara lengkap dibawah ini.

Cara Menyembuhkan Batuk Pilek Pada Bayi 7 Bulan

cara menyembuhkan batuk berdahak pada bayi 7 bulan

Hilangnya rasa gatal di hidung, bersin-bersin, ingus bening dan encer, lendir yang berubah warna menjadi kekuningan dan mungkin lebih kental merupakan beberapa ciri ciri batuk berdahak akan sembuh. Memang untuk mencapai tahapan tersebut berdasarkan pengalaman membutuhkan waktu rata - rata sekitar 3 minggu sejak awal serangan. Berikut ini akan kami berikan langkah tepat untuk menyembuhkan batuk berdahak bayi yang masih berusia 7 bulan secara alami, diantaranya :

Cara mengatasi batuk berdahak pada bayi secara alami


1. Bayi susah tidur dan rewel ketika batuk berdahak sedang dideritanya.
cara menyembuhkan batuk berdahak pada bayi 7 bulan

Hal yang paling membuat khawatir dan menjadikan kita merasa kebingungan adalah ketika bayi sulit tidur karena susah napas dimana batuk berbunyi grok - grok tersebut disebabkan oleh penyakit batuk pilek atau batuk berdahak tersebut. Tips pertama yang akan kami berikan ketika batuk berdahak pada bayi membuat tidak bisa tidur adalah dengan memberikan uap. Terapi uap memang sangat efektif dalam mengeluarkan lendir pada bayi usia 7 bulan meskipun tidak termasuk dalam standar penatalaksanaan batuk berdahak yang disebabkan oleh common cold / masuk angin. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk memberikan terapi uap jika kita akan menghilangkan lendir pada bayi walaupun masih berusia 2 bulan.

Berikut langkah - langkah membuat uap untuk mengencerkan dahak pada bayi dibawah 1 tahun, diantaranya :
  • Ramuan herbal ini bisa dibuat dengan cara mendidihkan 1 liter air, kemudian dicampur dengan potongan jahe sebesar ibu jari, sejemput cengkeh, satu sendok makan garam dan sedikit mint bila ada. 
  • Uap air dari ramuan herbal ini yang akan dimanfaatkan sebagai obat inhalasi yang berguna untuk melonggarkan saluran pernafasan serta mengeluarkan dahak saat batuk dan pilek menyerang. 
  • Bisa dengan menghirup uap air panas yang sudah dicampur dengan beberapa ramuan herbal di waktu pagi dan sore hari selama kurang lebih 10-15 menit atau semampu si anak. 

Selain itu kita juga dapat memberikan obat batuk berdahak untuk bayi 7 bulan lainnya, seperti :
  • Sering menberikan air putih hangat pada anak. Ini bisa membantu dalam pengeluaran dahak saat batuk dengan lebih cepat.
  • Memberikan susu formula yang dicampur dengan sedikit madu sebanyak dua kali sehari, yaitu di waktu pagi saat perut masih kosong dan waktu malam sebelum anak tidur. Namun cara ini sebaiknya digunakan untuk anak usia 1 tahun keatas.
  • Dapat mengompres dengan air hangat di sekitar muka, kening, hidung dan dada selama kurang lebih 30 menit – 1 jam. Kemudian bisa dipijat pada bagian muka anak, terutama di sekitar kening dan mata dengan baby oil. Dan jangan lupa untuk memijat anak pada bagian punggung belakang dan di sekitar dada dengan minyak hangat.

2.  Obat batuk berdahak alami untuk bayi 7 bulan
mengatasi batuk pilek pada bayi 7 bulan

Untuk dapat menyembuhkan bayi 7 bulan dari batuk pilek dengan cepat, maka tindakan paling tepat yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan :

  • Jauhkan bayi dari orang yang sedang sakit batuk pilek disekitarnya.
  • Berikan ASI secara intensif karena ASI akan sangat membantu membentuk kekebalan tubuh bayi dengan baik.
  • Jemur di pagi hari dengan posisi tengkurap pada lutut atau biarkan bayi duduk di pangkuan dengan condong ke arah depan sambil menepuk - nepuk punggung si bayi.
  • Hindari bahan bahan berdebu, berbulu, asap, yang dapat mengiritasi saluran nafas bayi. Misal: karpet, sofa berdebu, dll
  • Atur AC di suhu yang sesuai, tidak terlalu dingin.
  • Kita dapat mengencerkan lendir pada akan kita menggunakan air garam yang diteteskan ke ujung lubang hidung bayi apabila pilek si bayi memang sangat mengganggu.
  • Oleskan petroleum jelly di bagian luar lubang hidung supaya bayi dapat terhindar dari iritasi.
  • Bersihkan cairan hidung atau lendir yang mengeras pada hidung bayi. Gunakan kapas yang dibasahi dengan air hangat.
  • Kita juga dapat memberikan teh hangat untuk bayi yang berusia di atas 6 bulan karena hal tersebut dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

baca juga :
  1. Solusi Batuk Berdahak Tidak Sembuh - Sembuh Pada Bayi Di bawah 1 Tahun 
  2. Cara Mengatasi Bayi Demam Karena Tumbuh Gigi

3. Kapan kita harus membawanya ke dokter ?

Perlu untuk kita ketahui bahwa ada beberapa kondisi yang membuat kita harus membawa bayi kita yang masih berusia 7 bulan ke dokter meskipun pilek merupakan salah satu penyakit yang umum dialami bayi. Kondisi yang perlu diwaspadai tersebut adalah :

  • Pada bayi usia di bawah 6 bulan jika pilek yang disertai batuk dan demam yang mencapai 39 derajat celsius lebih sedangkan bayi di atas usia 6 bulan demam mencapai lebih dari 40 derajat Celsius, dimana kondisi demam tersebut berlangsung selama lebih dari 2 hari.
  • Munculnya kotoran mata atau mata mulai berair.
  • Terdengarnya bunyi grok grok ketika batuk yang menandakan kondisi batuk pilek pada bayi semakin parah.
  • Perubahan signifikan pada pola makan atau tidur, sering mengantuk atau rewel.
  • Bayi menangis saat menyusu sambil menggosok atau menarik telinga dan menangis ketika diletakkan di tempat tidur.
  • Dalam kurun waktu selama 5 sampai 7 hari, pilek tidak kunjung membaik.

Demikian postingan kami kali ini yang baru saja mengulas tentang cara cepat dan paling aman dalam mengatasi batuk berdahak pada bayi usia 7 bulan. Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

1 komentar so far

Artikelnya sangat membantu sekali. Moga kedepannya lebih spesipik lagi


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.