Solusi Batuk Berdahak Tidak Sembuh - Sembuh Pada Bayi Di Bawah 1 Tahun

Mengatasi batuk berdahak pada bayi - Bagaimana cara mengatasi batuk berdahak tidak sembuh sembuh pada anak kita yang masih berusia di bawah 1 tahun ? Batuk berdahak merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi bayi usia 3 bulan sampai 8 bulan. Meskipun demikian sebagai orang tua kita tentu tidak boleh mengabaikan penyakit batuk pilek tersebut, terlebih lagi jika batuk pilek tak kunjung sembuh pada bayi kita. Batuk pilek pada bayi yang harus mendapatkan perhatian lebih adalah ketika batuk yang disertai bunyi grok - grok karena lendir kental yang susah dikeluarkan.

Walaupun penyakit batuk dan pilek pada bayi usia 4 hingga 7 bulan sering dianggap suatu hal yang wajar pada bayi dibawah 1 tahun karena masuk angin yang gejala awalnya dimulai dengan munculnya demam, hidung ingusan, tersumbat, batuk kering, dan akhirnya batuk berdahak. Namun kita sebagai orang tua harus tetap waspada terlebih jika anak batuk pilek terus menerus tak kunjung sembuh selama 3 sampai 7 hari. Lalu bagaimana cara mengatasi batuk pilek pada bayi yang disertai dengan dahak yang berbunyi grok - grok disetiap batuknya ? Meskipun banyak obat batuk berdahak untuk bayi 1 tahun yang diperjualbelikan diluar sana jangan pernah untuk coba - coba tanpa anjuran dokter, alangkah lebih baiknya jika kita gunakan saja obat batuk berdahak alami secara tradisional.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Griya Wanita akan mencoba berbagi solusi jika bayi kita mengalami batuk berkepanjangan yang disertai dengan dahak. Memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh, namun masuk angin yang disebabkan oleh virus sehingga bayi menjadi batuk pilek akan dapat sembuh dengan sendirinya. Lantas kenapa batuk berdahak tidak kunjung sembuh jika bayi berusia 2 bulan sampai 6 bulan yang menderita batuk berdahak tersebut ? Mari langsung saja kita ikuti langkah yang perlu dilakukan apabila batuk berdahak pada anak yang tak kunjung sembuh secara lengkap dibawah ini.

Solusi Batuk Berdahak Tidak Sembuh - Sembuh Pada Bayi Di Bawah 1 Tahun

batuk berdahak tidak sembuh sembuh pada anak

Sebagai orang tua tentu kita harus bersabar menghadapi batuk yang berkepanjangan pada anak dan lama tidak sembuh sembuh, terlebih lagi jika pada batuk disertai dengan lendir yang sulit untuk dikeluarkan. Berikut ini adalah gejala awal yang perlu kita waspadai ketika penyakit batuk pilek akan masuk pada tubuh anak kita, diantaranya :
  • Demam
  • Hidung ingusan
  • Hidung Tersumbat
  • Batuk kering
  • dan akhirnya batuk berdahak

Cara mengatasi batuk berdahak pada bayi usia di bawah 1 tahun yang paling baik adalah dengan memberikannya banyak minum. Untuk membantu meredakan batuk berdahak pada bayi cara yang paling efektif adalah dengan memperbanyak asupan air yang masuk ke dalam tubuh si anak tersebut. Oleh karena itu dengan memberikan ASI secara intensif tentu akan dapat menyembuhkan batuk berdahak yang diderita oleh si buah hati. Selain itu, dengan memberikan uap pada saat bayi sedang tertidur juga dapat menjadi sebuah cara menghilangkan lendir pada bayi 2 bulan agar dapat mengatasi anak menjadi susah tidur dan sesak karena batuk tersebut.
batuk berdahak tidak sembuh sembuh pada anak

Uap tersebut dapat kita buat dengan cara mencampurkan minyak telon pada air panas yang mendidih dan diletakkan di sekitar si kecil namun tetap harus menjaga jarak aman. Lakukan hal tersebut secara rutin selama 3 sampai 7 hari hingga gejala demamnya hilang, sakit kepala dan pegal bayi hilang, dan nafsu makan yang akan membaik. Apabila hal tersebut sudah kita lakukan dengan benar maka yang tersisa hanya tinggal batuk keringnya saja dan ciri ciri batuk berdahak pada bayi akan sembuh mulai terlihat, seperti :
  • Hilang rasa gatal hidung, bersin-bersin, ingus menjadi bening dan encer
  • Begitu pilek akan sembuh ia akan berubah warna menjadi kekuningan dan kental

Hal yang perlu untuk kita perhatikan ketika batuk berdahak tidak kunjung sembuh


  1. Berdasarkan pengalaman, batuk berdahak pada bayi akan sembuh memang membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 3 minggu sejak awal kali batuk menyerang.
  2. Apabila batuk yang diderita yang si kecil disertai demam lebih dari 3 hari atau batuk yang tak kunjung sembuh selama 3 minggu segeralah bawa bayi ke dokter. 
  3. Apabila batuk berdahak pada bayi disertai dengan sesak nafas dan mengigil maka alangkah lebih baiknya jika harus segera dibawa ke dokter untuk di diagnosis dan di beri pengobatan yang sesuai dengan penyakit tersebut.
  4. Jangan pernah untuk coba - coba memberikan obat batuk berdahak pada bayi tanpa adanya resep dokter.
  5. Berikan vaksinasi

baca juga :

Demikan tips menghadapi batuk pilek yang diderita oleh bayi 2 bulan sampai 10 bulan yang dapat kami sampaikan. Selain itu, berdoa untuk diberikan penyembuhan dan kesehatan kepada Sang Pencipta adalah cara yang terbaik. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu kita semua untuk mengobati batuk berdahak yang lama tidak sembuh - sembuh pada bayi 1 tahun, sekian dan terima kasih ..


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.