Tips Mengatasi Demam Pada Bayi Karena Tumbuh Gigi

Cara mengatasi bayi demam - Bagaimana cara mengatasi demam pada bayi karena tumbuh gigi di usia 6 sampai 8 bulan ? Munculnya sebuah gigi pada bayi untuk pertama kalinya merupakan suatu moment yang sangat dinantikan setiap pasang orang tua, akan tetapi bersamaan dengan tumbuhnya gigi biasanya anak demam karena tumbuh gigi yang membuat anak kita menjadi rewel. Menjadi suatu hal yang wajar ketika bayi rewel saat gigi mulai tumbuh karena rasa gatal dan nyeri pasti akan sangat terasa bagi bayi kita tersebut. Namun untuk menghilangkan rasa sakit pada gusi bayi ketika gigi mulai nampak, kita tidak perlu untuk mencari obat khusus bayi tumbuh gigi karena ada beberapa tips sederhana seperti mengusap gusi dapat menghilangkan rasa tidak nyaman tersebut.

Pada usia 6 sampai 10 bulan rata - rata bayi akan mengalami tumbuh gigi susu pertama untuk pertama kalinya, akan tetapi jika hingga usia 14 bulan bayi belum tumbuh gigi sebaiknya konsultasikan pada dokter anak. Momen yang dinantikan tersebut sebenarnya juga menjadi keadaan yang membuat para orang tua khawatir karena biasanya selama 3 hingga 7 hari bayi kita akan mengalami demam / panas dan gejala demam tersebut dimulai dari awal munculnya gigi pada bayi. Untuk itu kita sebagai orang tua, kita harus memantau kondisi anak kita tersebut sebab biasanya tumbuh gigi menjadikan demam naik turun pada bayi kita. Meskipun kondisi panas bayi terkadang terasa tinggi dan terkadang suhu turun secara drastis, selama demam pada bayi belum mencapai 38 derajat itu masih dalam batasan yang wajar akan tetapi jika panas pada bayi sudah melebihi batasan ada baiknya bagi anda untuk membawanya ke dokter anak dan ceritakan jika bayi anda mengalami demam saat tumbuh gigi.

Untuk itu griya wanita kali ini akan mencoba berbagi pengalaman yang kami dapat dari para wanita yang sudah pernah merasakan kekhawatiran akan bayi demam yang disebabkan karena gigi mulai tumbuh. Namun sebelum kita mulai membahas cara mengatasi demam pada bayi saat tumbuh gigi ada baiknya untuk anda ketahui gejala awal gigi akan tumbuh pada bayi kita. Sehingga kita dapat mengantisipasi rewelnya bayi kita karena merasakan rasa yang tidak nyaman karena sakit panas yang dideritanya. Untuk itu mari langsung saja kita simak tanda - tanda gigi bayi akan mulai tumbuh yang sudah kami rangkum dibawah ini.

Tips Mengatasi Demam Pada Bayi Karena Tumbuh Gigi

cara mengatasi demam pada bayi karena tumbuh gigi

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu untuk anda ketahui mengenai ciri - ciri bayi akan tumbuh gigi :


1. Kapan gigi akan mulai tumbuh pada gusi bayi ?

Banyak para ibu yang bertanya mengenai tumbuh gigi pada bayi umur berapa ? Namun setiap bayi tentu akan berbeda dan belum ada patokan secara pastinya, namun rata - rata bayi mulai mengalami tumbuh gigi di usia 6 sampai 9 bulan. Tentu kita akan mengenali gejala bayi yang akan tumbuh gigi, mulai dari suka memasukan tangan ke dalam mulut hingga tidur yang tidak nyaman yang disebabkan karena rasa sakit yang dirasakannya.

2. Ciri - ciri bayi akan tumbuh gigi.

Mulai seringnya memasukan jari kedalam mulut merupakan suatu tanda awal jika bayi anda mulai mengalami pertumbuhan gigi. Dengan alasan gusi terasa gatal yang menjadikan bayi suka memasukan jari kedalam mulut bayi terkadang juga dapat berpengaruh bayi akan menjadi demam dan mencret. Dan berikut ini merupakan tanda - tanda yang paling sering terjadi pada bayi yang muncul gigi adalah :
  • Bayi lebih banyak mengeluarkan air liur.
  • Bayi akan lebih senang untuk menggigit benda - benda yang ada disekitarnya.
  • Nafsu makan makan mulai berkurang karena gusi mulai membengkak.
  • Dan bayi akan cenderung menjadi rewel karena kondisi tubuh yang panas.

3. Gejala yang di timbulkan bayi tumbuh gigi.

Pada masa pertumbuhan gigi pada bayi masalah yang sering terjadi adalah bayi kita menjadi panas namun biasanya demam pada bayi tersebut akan hilang dengan sendirinya pada beberapa hari kedepan. Ketika bayi sedang mengalami pertumbuhan gigi biasanya daya tubuh dan sistem kekebalan tubuhnya akan berkurang yang biasanya akan berakibat demam yang disertai mencret dan muntah. Jika sampai terjadi seperti itu maka segeralah untuk membawa anak anda ke dokter spesialis agar diberikan penanganan yang lebih lanjut.

Untuk itu diperlukan suatu perlakuan khusus ketika bayi mulai tumbuh gigi susu untuk pertama kalinya dan berikut adalah tips untuk mengatasi bayi rewel pada saat tumbuh gigi yang sudah akan kita bahas dari tadi.

Cara mengatasi bayi rewel karena tumbuh gigi, diantaranya adalah :


1. Mengusap Gusi

  • Anda dapat meredakan rewel bayi anda dengan cara mengusap gusi yang ditumbuhi akar gigi pada bayi anda, catatan terpenting disini adalah pada saat mengusap gusi jangan memaksa bayi anda. Lakukan secara lembut dengan memasukan jari anda ke dalam mulut bayi kemudian usap - usap pada gusinya. Untuk sebagian, mengusap gigi ini akan membuat nyaman bayi anda.

2. Berikan mainan yang sudah disimpan di dalam kulkas

  • Berikan mainan yang tidak membuatnya terluka, salah satunya teether yaitu mainan untuk digigit, sebaiknya anda membersihkan terlebih dahulu sehingga mengurangi kuman pada saat masuk ke dalam mulutnya. Selain itu anda dapat memasukan ke dalam lemari es terlebih dahulu, benda yang dingin ketika digigit bayi akan membuatnya nyaman.

3. Minuman dingin

  • Sebagai pereda rasa nyeri pada bayi usia enam bulan ke atas yang baru tumbuh gigi, secangkir air dingin dapat menjadi rekomedansi untuk mengatasi bayi rewel karena gusi terasa terasa nyeri.

4. Memberikan finger food

  • Selain mainan seperti teether, anda juga dapat memberikan finger food, selain dikarenakan biasanya tumbuh gigi pada usia 6 bulan sehingga makanan pendamping asi telah diberikan. Berikan finger food dalam ukuran yang memudahkan untuk digenggam, tidak membuat tersedak dan juga teksturnya mudah lumer di mulut bayi anda.

5. Periksakan bayi kita ke dokter anak

  • Agar kita dapat mengetahui penyebab bayi demam dan untuk mendapatkan obat penurun panas bayi 0-6 bulan maka sebaiknya kita periksakan pada kepada dokter spesialis anak.

baca juga :
  1. Cara Mengatasi Iritasi Pada Kemaluan Bayi Secara alami
  2. Cara Menghilangkan Bintik Putih Pada Lidah Bayi

Demikian tips yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini yang mengulas tentang cara mengatasi demam panas pada bayi yang disebabkan karena munculnya gigi baik itu gigi susu maupun gigi geraham. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu anda memberikan rasa nyaman pada bayi yang rewel karena gigi mulai tumbuh, sekian dan terima kasih ..

4 komentar

terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://auliyaskincare.com/black-walet-facial-soap/

terimakasih infonya menarik, silahkan kunjungi balik website kami http://bit.ly/2MiUpB1


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.