Cara Mengatasi Iritasi Area Kemaluan Bayi Secara Alami

Ruam popok pada bayi - Bagaimana cara mengobati iritasi kulit di area kemaluan bayi secara alami ? Tidak menutup kemungkinan pada setiap bayi yang masih berusia 1 bulan akan mengalami masalah iritasi pada bagian kemaluannya, dan sebagai orang tua tentu akan selalu berusaha mencari cara mengatasi ruam popok pada bayi laki-laki kesayangannya. Rata - rata setiap bayi yang mengalami ruam popok akan sering kali rewel ketika kita sedang mengganti popok lama dengan popok baru. Itu semua adalah hal yang wajar karena bayi yang menderita ruam popok pada bagian pantat atau area kulit yang tertutup popok terjadi iritasi kulit yang menyebabkan gatal dan perih jika terkena gesekan. Untuk itu kita sebagai orang tua harus segera mengatasi ruam popok pada bayi ketika terlihat gejala awal pada bayi kita tersebut.

Pada bayi yang masih berusia di bawah 2 tahun, masalah ruam popok atau iritasi kulit di bagian kemaluan bayi sangat sering terjadi. Kesalahan yang sering dilakukan oleh para orang tua bayi yang menjadikan penyebab terjadinya ruam popok pada bayi usia 1 bulan adalah tidak memperhatikannya penggunaan popok pada bayi. Jika anak kita sudah mengalami ruam popok barulah kita sadar dan merasa menyesal dengan cara mencari obat iritasi kulit bayi akibat pampers baik itu secara tradisional maupun pergi ke dokter. Meskipun sebenarnya ruam popok pada bayi itu tidaklah begitu berbahaya, namun jika kita membiarkannya dapat mengakibatkan bayi rewe; karena iritasi kulit yang sedang di deritanya.

Oleh karena itu jika kita mendapati bayi kita mulai mengalami masalah ruam popok di pantatnya sejak awal, segeralah untuk mengatasinya secara tuntas agar bayi kita kita tidak rewel dan selalu terlihat ceria. Akan tetapi sebenarnya tidak hanya ruam popok saja yang membuat bayi kita menjadi rewel namun iritasi kulit di leher bayi juga membuat bayi kita selalu menangis. Lalu bagaimana cara mengobati ruam popok yang sudah parah ?

Cara Mengatasi Iritasi Area Kemaluan Bayi Secara Alami

ruam popok bayi


Sebelum kita mulai membahas cara mengatasi ruam popok pada bayi di bawah 1 bulan, alangkah lebih baiknya jika anda mengetahui penyebab terjadinya ruam popok tersebut supaya anda mengetahui apakah selama ini tindakan anda sudah benar atau belum. Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya ruam popok, yaitu :

1. Kelembaban

  • Kulit yang basah dan lembab yang terjadi pada penggunaan popok dalam waktu lama akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada mekanisme pertahanan kulit.

2. Kulit sensitif

  • Bayi yang memiliki kulit yang sensitif cenderung lebih mudah untuk mengalami iritasi pada kulit yang tertutup popok.

3. Gesekan

  • Penggunaan popok atau pakaian yang ketat akan menimbulkan gesekan pada kulit yang perlahan – lahan akan menyebabkan kulit menjadi lecet dan mengalami iritasi.

4. Makanan baru

  • Pemberian makanan padat sejak usia 7 bulan akan mempengaruhi frekuensi buang air besar dan struktur tinja bayi yang dapat memicu timbulnya ruam popok.

5. Feses dan urin

  • Iritasi kulit dapat terjadi akibat paparan terhadap urin dan feses yang terlalu lama. enzim protease dan lipase dalam feses dapat mengubah urea menjadi amonia yang dapat mengiritasi iritasi kulit.

6. Diare

  • Tinja yang cair pada keadaan diare mengandung lebih banyak enzim pencernaan residual yang dapat mengiritasi kulit pada bayi.

7. Bahan kimia

  • Produk – produk yang mengandung bahan – bahan kimia seperti pewangi pakaian, deterjen, sabun, dan bedak yang baru digunakan pada bayi dapat menimbulkan iritasi pada kulit bayi.

8. Mikroorganisme

  • Suasana yang hangat dan lembab pada daerah yang tertutup popok seperti pada paha, pantat dan kelamin akan membuat kuman dapat tumbuh dengan subur.

baca juga :

  1. Cara Menghilangkan Bintik Putih Pada Lidah Bayi
  2. Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Susah BAB

Langkah sederhana untuk mengatasi ruam popok pada bayi, diantara :


Menjaga kebersihan area popok

Ruam popok disebabkan oleh bakteri yang terdapat dalam air seni atau tinja, dan bakteri yang sama ini akan memperburuk atau memperlambat penyembuhan jika diabaikan. Untuk itu langkah menjaga kebersihan area popok dapat dilakukan dengan cara berikut :
  • Jika menggunakan popok kain, sering-sering cek kondisi popok dan ganti segera kalau popoknya kena pipis atau pup. 
  • Jika memakai popok sekali pakai, ganti popok bayi beberapa jam sekali dan tentunya setiap kali ia pup agar kulit yang teriritasi tetap kering dan dapat bernapas. 
  • Bersihkan area popok dengan air yang mengalir pada saat mengganti popoknya. 
  • Hindari menggosok kulit bayi yang terkena ruam popok. 
  • Keringkan area popok dengan cara menepuk - nepuk permukaan kulit dengan handuk lembut. 
  • Angin-anginkan sebentar sebelum memakaikan popok yang baru.

Hindari penggunaan bedak

  • Jarang para orang tua bayi mengetahui bahwa sebenarnya ketika bayi kita sedang mengalami ruam popok sangat tidak dianjurkan memberikannya bedak di area kemaluan sebelum menggunakan popok bayi.

Minimalisi pemakaian popok sekali pakai

  • Jika memungkinkan, batasi pemakaian pospak hanya pada saat bepergian atau pada malam hari. Lebih baik lagi, jika anak anda berkesempatan untuk bermain di luar atau pada permukaan yang bersih dan sudah dilap kering, anda mungkin bisa membiarkan bayi anda tanpa popok untuk beberapa waktu karena aliran udara di sekitar area popok akan mempercepat penyembuhan ruam popok .

Mengganti merek popok bayi (merries)

  • Selanjutnya untuk mengatasi ruam popok pada bayi adalah dengan mengganti merk popok yang lama dengan merk popok yang lebih halus dan memiliki daya serap yamg lebih besar. Terdapat suatu kemungkinan ruam popok tidak kunjung membaik itu karena kualitas popok sebelumnya itu kurang bagus dan terlalu sempit, sehingga ketika digunakan malah semakin sering bergesekan dengan kulit bayi yang sedang iritasi tersebut.

Pemakaian salep untuk ruam popok bayi

  • Untuk mengatasi ruam popok bayi yang ringan, anda bisa mengoleskan salep atau krim untuk ruam popok yang bisa anda dapatkan di apotek terdekat seperti baby-dee™, pigeon baby cream diaper rash™, Bepanthen, Myco-Z, Sebamed, Switzal, dll sebelum memakaikan popok. Obat ruam popok untuk bayi umumnya mengandung petroleum jelly atau zinc oxide yang bisa membantu meredakan radang dan iritasi. Untuk obat tradisional ruam popok dengan komposisi yang lebih alami, anda bisa mencoba minyak tawon atau salep guci pusaka yang aman dipakai untuk buah hati anda. Obat tradisional lainnya yang dipercayai bisa mengobati ruam popok adalah minyak kelapa, virgin oil dan minyak zaitun.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara mengobati ruam popok pada bayi secara alami. Jika dalam 3 hari ruam popok pada bayi anda tidak kunjung mereda, sebaiknya segeralah untuk memeriksakannya ke dokter untuk diberikan penanganan yang lebih lanjut. Semoga artikel kami kali dapat membantu anda untuk meredakan ruam popok pada bayi anda, sekian dan terima kasih ..

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.