Hamil 3 Bulan : Perkembangan Janin dan Ciri - Ciri Usia Kandungan 3 Bulan

Ketika kandungan sudah 3 bulan - Bagaimana perkembangan janin dan ciri - ciri usia kandungan 3 bulan ? Bagi kebanyakan wanita kehamilan 3 bulan sudah hampir semua mengetahui kalau dia sedang hamil dan sudah melakukan tes kehamilan. Pada artikel kami kali ini akan membahas seputar usia kehamilan sudah memasuki 3 bulan, mulai dari perkembangan janin, perlakuan dan ciri-ciri hamil 3 bulan karena terkadang ada beberapa wanita yang belum menyadari tentang kandungannya meskipun ciri-ciri hamil bulan ke 3 sudah cukup jelas.

Biasanya wanita yang usia kandungan sudah masuk pada bulan ke 3 orang-orang terdekat kita sudah mulai kita kabari, kegembiraan datang dan kita jadi ingin tahu mengenai apa saja yang akan terjadi dan yang terbaik kita lakukan untuk menjaga kondisi janin yang mulai berusia 10 minggu ini. Kita perlu mengetahui dan mengontrol kondisi tubuh bagi kita yang sedang hamil maupun kondisi janin yang nantinya akan menjadi bayi dalam kandungan dari bulan ke bulan.


Setelah sebelumnya kita membahas cara supaya cepat mengandung / berbadan dua tentunya pada kehamilan 3 bulan ini kita akan membahas lebih dalam lagi supaya kita dapat menjaga janin yang baru 10 minggu di masa hamil 10 minggu hingga usia janin 12 minggu, karena pada kehamilan trimester pertama ini rentan akan terjadinya keguguran. Berikut ulasan selengkapnya mengenai perkembangan janin dan ibu pada usia kandungan 3 bulan.

Hamil 3 Bulan : Perkembangan Janin dan Ciri - Ciri Usia Kandungan 3 Bulan

kehamilan 3 bulan


A. Perkembangan Janin Hamil Bulan ke 3
Semua organ telah terbentuk semua, mulai dari tangan, jari tangan, kaki, jari kaki dan mulut telah terbentuk baik, karena pada kehamilan bulan ke 3 inilah dimana organ-organ bayi mulai terbentuk dengan baik. Organ dalam juga sudah lengkap dan hati sudah mulai memproduksi empedu, urin dan sistem peredaran darahpun juga sudah mulai bekerja dengan baik. Ukuran janin pada bulan ke tiga dapat mencapai panjang 7,6 cm hingga 10 cm dengan berat sekitar 28 gram atau 1 ons.

1. Hamil Minggu ke 10
  • Hamil 10 minggu - Awal hamil bulan ke 3 yaitu pada minggu ke 10 bakal bayi yang sebelumnya dikatakan sebagai embrio, maka pada minggu ke 10 ini sudah bukan embrio lagi namun sudah disebut sebagai janin. Hal ini karena organ-organ sudah mulai lengkap, misalnya jari tangan dan jari kaki sudah mulai terpisah dan mampu bergerak meskipun sangat sedikit. Berfungsinya pankreas memproduksi urin dan tulang sudah mulai mengeras. Dan yang terpenting dalam minggu ke 10 ini adalah pertumbuhan otak yang berkembang pesat menyusun dan membentuk 250 ribu neutron tiap menit.

2. Hamil Minggu ke 11
  • Hamil 11 minggu - Mungkin anda bertanya, apakah bayi di dalam kandungan bernafas ? jawabannya adalah Ya dan janin pertama kali bernafas pada minggu ke 11. Organ paru-parunya sudah mulai bekerja. Memang didalam kandungan tidak ada udara untuk bernafas dan janin bernafas dalam air yaitu air ketuban yang masuk dalam paru-paru dan air ketuban jugalah yang membantu paru-paru janin berkembang. Letak telinga yang sebelumnya belum proporsional, di minggu ke 11 ini telinga janin bergeser untuk mengikuti juga perkembangan kepalanya.

3. Hamil Minggu ke 12
  • Hamil 12 minggu - Meskipun terlalu dini untuk merasakan gerakan bayi, namun kenyataannya pada minggu ke 12 inilah bayi mulai bisa merespon sesuatu dengan gerakan. Janin sudah mampu menggerakkan jari-jari tangan dan kaki. Pada beberapa kasus bagi anda yang memegang perut akan merasakan respon bayi yang mulai menendang dan meninju, bayi juga bisa bergerak bergeser meskipun belum semua bisa dirasakan oleh sang ibu hamil.

4. Hamil Minggu ke 13
  • Hamil 13 minggu - Minggu ke 13 adalah dimulainya pembentukan kesempurnaan janin untuk menjadi bayi dengan bentuk yang semakin lama telah mirip manusia. Mata yang sebelumnya terletak agak disamping maka pada minggu 13 mata akan berpindah ke depan. Begitu juga posisi telinga yang telah baik. Tubuh akan berkembang dengan cepat dan mulai membesar pada minggu ini. Meskipun kaki belum proporsional panjangnya, namun tangan sudah memanjang dan proporsional dengan tubuhnya.

5. Hamil Minggu ke 14
  • Hamil 14 minggu - Pada akhir kehamilan bulan ke 3 yaitu minggu ke 14 janin sudah mulai menghisap jempolnya sendiri. Langit-langit mulut juga sudah baik dan pipi janin sudah terlihat lebih besar atau cabi. Jika bayi anda laki-laki maka janin sudah mulai membentuk prostat dan jika bayi anda perempuan maka janin sudah membentuk ovarium dan bergerak ke dalam pinggul.

B. Perkembangan Ibu dan Ciri Hamil 3 Bulan
Ibu hamil 3 bulan dari sisi emosional kondisi ibu paling bergejolak pada kehamilan bulan ke 3, hal ini karena terkadang beberapa wanita yang belum memberitahukan ke rekan atau saudara karena dapat merasa belum siap memberi kabar atau menunggu hingga memang kehamilan sudah terlihat dari bentuk perut usia 3 bulan yang mulai membesar.

1. Perubahan dan Ciri-ciri Fisik
  1. Ciri kehamilan masih berlanjut mulai dari mual dan muntah, mudah lelah dan gairah sek anda akan menurun.
  2. Perut anda memang belum menunjukan perubahan membesar namun pada akhir trimester pertama ini rahim anda sudah berada sedikit diatas panggul.
  3. Anda akan merasakan perubahan pada payudara yang lebih membersar dan terasa lebih lembut. Pada bagian puting akan terlihat lebih gelap.
  4. Anda mungkin akan merasakan pusing karena lelah dan efek morning sickness.

2. Perubahan dan Ciri-ciri Emosional
  1. Perasaan cemas akan kondisi sang janin sudah umum dirasakan karena anda sedang mencemaskan kesehatan calon bayi anda.
  2. Kekhawatiran atau kecemasan anda bisa mempengaruhi pasangan atau suami anda untuk juga merasa cemas.
baca juga artikel kami lainnya :



Hamil 1 Bulan : Perkembangan Janin dan Tanda Wanita Hamil Muda
Hamil 2 Bulan : Perkembangan Janin dan Ciri - Ciri Kehamilan 2 Bulan 

Demikian pertemuan kita kali ini yang telah membahas tentang apa saja yang biasanya terjadi pada wanita hamil ketika usia kandungan 3 bulan serta tumbuh kembangnya janin yang berada di dalam kandungan. Mulailah untuk memeriksakan kondisi kandungan kepada bidan ataupun dokter kandungan anda karena pada usia kandungan di trimester pertama ini agar ibu dan sang bayi tetap sehat hingga esok masa persalinan. Sekian dan terima kasih


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.