Hamil 1 Bulan : Perkembangan Janin dan Tanda Wanita Hamil Muda

Perkembangan Janin dan Tanda Wanita Hamil Muda - Bagaimana cara mengetahui tanda kehamilan awal yang biasa terjadi pada wanita hamil muda ? Mengetahui tanda kehamilan minggu pertama pada masa kehamilan bulan ke 1 atau kehamilan minggu pertama terjadi proses awal kehamilan yang amat penting, karena pada masa wanita hamil 1 bulan inilah terjadinya suatu proses pembuahan dan pembentukan pertama janin yang pada akhirnya terjadi proses perkembangan janin pada bulan ke 1.

Usia janin pada ibu hamil 1 bulan pada kenyataannya tidak dihitung benar-benar bulan pertama kehamilan. Perhitungan awal mengandung dimulai pada hari pertama haid terakhir yang mana dapat anda hitung dengan kalkulator kehamilan. Jadi pada kenyataannya tanda kehamilan awal terjadi pada 24 jam setelah ovulasi atau sekitar 14 hari sebelum menstruasi yang seharusnya terjadi pada periode haid berikutnya.

Artikel kami kali ini akan membahas tentang ciri2 hamil muda bagi para wanita yang belum menyadari bahwa dirinya telah hamil 1 minggu atau para ibu hamil muda yang juga belum mengetahui jika mereka ternyata telah mengandung sang buah hati. Berikut ini adalah tanda tanda / gejala hamil 1 minggu beserta perkembangan janin 1 bulan.

Hamil 1 Bulan : Perkembangan Janin dan Tanda Wanita Hamil Muda

tanda tanda kehamilan minggu pertama


A. Perkembangan Janin Bulan ke 1
Perkembangan janin bulan pertama dapat kita ketahui dalam beberapa perkembangan masa kehamilan minggu 1 hingga ke minggu 4.

1. Hamil Minggu ke 1
  • Hamil 1 minggu - Apa yang terjadi diminggu pertama kehamilan? tidak ada. Karena sesuai perhitungan kehamilan yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada minggu pertama terhitung sebenarnya anda belum mengalami kehamilan. Di minggu pertama sel telur sedang terbentuk dan belum ada proses pembuahan. Jika dites kehamilanpun belum terlihat 2 garis kehamilan.
  
2. Hamil Minggu ke 2
  • Hamil 2 minggu - Setelah sel telur terbentuk maka pada minggu ke 2 inilah sel telur tersebut telah matang dan mulai dilepaskan dari ovarium untuk kemudian berjalan ke tuba falopi. Disinilah sel telur akan menunggu sperma untuk membuahinya, dari jutaan sperma yang berjalan pada serviks (leher rahim) akan ada sekitar 1000 yang akan berhasil melewatinya dan akan ada hanya 1 yang berhasil berjalan meraih sel telur. Dan disinilah pembuahan sel telur terjadi dan kehamilan dimulai.
   
3. Hamil Minggu ke 3
  • Hamil 3 minggu - Zygot hamil minggu ke 3Pada hamil minggu ke 3 akan terjadi proses pembentukan genetika setelah terjadi pembuahan. Janin anda akan mulai berkembang menjadi zigot pada minggu ke 3 ini dimana mempunyai 46 kromoson (23 dari anda dan 23 dari pasangan anda). Dalam proses genetika inilah akan terbentuk  dan menentukan ciri calon bayi anda, misalnya kulit putih, hidung mancung, rambut lurus dan lain-lain. Pada fase inilah zygot atau bakal janin akan mulai menempel untuk berkembang pada rahim dan terjadi implantasi yang kadang menyebabkan pendarahan dan ciri-ciri hamil mulai terlihat.
   
4. Hamil Minggu ke 4
  • Hamil 4 minggu - Pada tahap menjelang akhir perkembangan janin bulan pertama atau pada minggu ke 4 ini akan mulai terlihat adanya janin yang ukurannya sangat kecil, hanya sebesar biji beras atau dalam ukuran sekitar 6-7 milimeter dan jika di USG maka janin sudah terlihat meskipun kecil.  Hamil minggu ke 4 janin sudah mulai berkembang dan membentuk tabung syarat untuk otak janin, tulang belakang dan tulang punggung. Pada periode ini hasil tes kehamilan sudah menunjukan 2 garis yang artinya hormon kehamilan (HCG) sudah terbentuk dan ciri-ciri hamil sudah mulai terlihat jelas.
   
5. Hamil Minggu ke 5
  • Hamil 5 minggu - Pada minggu ke 5 atau minggu terakhir bulan pertama kehamilan yang dalam  kalender bisa juga masuk dalam awal kehamilan bulan ke 2 terjadi hal menakjubkan pada periode perkembangan janin yaitu jantung akan mulai berdetak, bakal tangan dan kaki sudah mulai ada begitu juga usus, ginjal dan hati mulai terbentuk. Namun jika dilihat dengan USG janin masih akan terlihat seperti kecebong.

B. Perkembangan ibu dan Ciri Hamil 1 Bulan
Ibu hamil 1 bulan sejak pertama mengalami atau merasakan ciri hamil 1 minggu, patut curiga bahwa anda memang sedang hamil. Perubahan pada sang ibu bisa dari segi fisik ataupun emosional. Gejala kehamilan dalam tahap perkembangan ibu hamil ini terlihat pada ciri-ciri fisik hamil maupun psikologis atau emosional. Berikut adalah hal-hal yang menjadi tanda tanda kehamilan dini dan perubahan yang dirasa para wanita hamil muda.

1. Perkembangan, Gejala dan Ciri Fisik
Ciri-ciri fisik hamil seperti perut yang membesar memang belum terlihat. Akan tetapi, pada kehamilan bulan ke 1 ini anda sudah menunjukan adanya gejala kehamilan 1 bulan meskipun belum terasa kuat ciri2 hamil muda tersebut. Gejala atau ciri awal kehamilan tersebut antara lain :
  1. Anda belum hamil pada minggu pertama karena anda masih mengalami periode haid terakhir
  2. Setelah evolusi, sel telur dan sperma akan bertemu sehingga terjadi pembuahan dan mengalami proses perjalanan ke rahim
  3. Terjadi keterlambatan haid, hilangnya haid akan membuat anda berfikir anda sedang hamil
  4. Melakukan tes kehamilan dengan tespek dirumah
  5. Mual
  6. Perubahan puting dan payudara
  7. Gelisah
  8. Pendarahan implantasi, ditandai dengan bercak darah atau flek
  9. Mudah lelah
  10. Mengidam
  11. Sakit kepala
  12. Peningkatan suhu badan
  13. Sensitif terhadap bau

2. Perkembangan dan Gejala Emosional
  1. Menunggu sebuah kehamilan bisa membuat emosional kita terpacu dan berharap-harap cemas. 
  2. Jika anda telah merencanakan kehamilan, anda tentu akan merasa senang dan mungkin sekaligus merasa bingung
baca juga artikel lainnya : Cara Akurat Mengetahui Kehamilan Menggunakan Alat Test Kehamilan (test pack)

Demikian pembahasan tentang tanda tanda kehamilan minggu pertama beserta perkembangan janin 1 bulan yang dapat kami sampaikan, semoga pembahasan kali ini dapat memberikan sebuah manfaat. Baca juga artikel kami tentang bagaimana Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Secara Alami, sekian dan terima kasih.


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.