Mengetahui Perkembangan Janin Dalam Perut Ibu Hamil 2 Bulan

Fase perkembangan janin - Bagaimana cara mengetahui perkembangan janin 2 bulan sebelum control ke dokter kandungan ? Mengandung usia kehamilan pada minggu ke 5 merupakan salah satu masa penting dalam perkembangan janin dari bulan ke bulan, karena hamil dengan janin usia 6 minggu ini sudah dapat dikatakan memiliki nyawa dalam rahim anda dimana pada hamil bulan ke 1 masih disebut dengan sebutan sebagai zygot dan sekarang bisa dikatakan sebagai embrio.

Terjadinya perkembangan janin dari segi  fisik meskipun belum terbentuk seutuhnya namun organ penting sudah terbentuk pada periode kehamilan bulan ke 2. Jari akan mulai terlihat, telinga, bentuk perut hamil 2 bulan dan yang penting adalah detak jantung sudah mulai lebih cepat secara perlahan.

Setelah pembahasan cara supaya cepat mengandung / berbadan dua artikel kami kali ini membahas pada bulan ke 2 terjadi proses perkembangan janin dimana jika kita menghitung usia kehamilan dari minggu ke minggu dapat dikatakan mulai pada akhir bulan 5 dan awal bulan 6. Dari awal bulan ke 2 hingga akhir bulan kedua, ukuran janin dapat berkembang dari 8 milimeter hingga mencapai 2,5 centimeter. Berikut ulasan secara lengkap tentang janin 8 minggu dalam kandungan yang telah kami tuliskan dibawah ini.

Mengetahui Perkembangan Janin Dalam Perut Ibu Hamil 2 Bulan

perkembangan janin 2 bulan


A. Fase perkembangan janin pada ibu hamil usia 2 bulan


Perkembangan janin bulan kedua dapat kita ketahui dalam beberapa perkembangan masa kehamilan minggu 5 hingga ke minggu 9.

1.Hamil Minggu ke 6
  • Hamil 6 minggu - Pada minggu ke 6 janin dalam kandungan anda akan mulai memberikan irama detak jantung yang lebih stabil. Perlu diketahui bahwa hingga kelahirannya nanti pada dasarnya jantung janin berdetak 150 kali tiap menit dimana itu kurang lebih sekitar dua kali lipat dari orang dewasa. Pada minggu ini janin sudah mulai mempersiapkan mengembangkan otak dan sarat-sarat otak.

2.Hamil Minggu ke 7
  • Hamil 7 minggu - Minggu ke 7 akan terlihat detail-detail organ, hal-hal menakjubkan dimulai diminggu ke 7 ini dimana pada janin akan mulai membentuk wajahnya. Akan mulai terlihat bintik atau tanda hitam pada wajah yang memperlihatkan dimana mata, hidung, mulut dan telinga akan terbentuk. Otak janin juga telah mulai berkembang secara kompleks beserta sarat-saraf otak akan mengembangkan sel-sel baru hingga 100 ribu sel tiap menit. Janin akan mulai bergerak meskipun sangat sedikit dan sang ibu belum bisa merasakan gerakan tersebut.


3. Hamil Minggu ke 8
  • Hamil 8 minggu - Pada kehamilan minggu ke 8, organ yang sudah mulai nampak pada minggu sebelumnya akan terus tumbuh dan berkembang. Akan nampak lebih jelas kedua bibir janin pada mulutnya, terbentuknya kelopak mata, hidung yang mulai tumbuh dan organ dalam seperti hati juga semakin kuat. Besarnya janin akan tumbuh dengan cepat dan hampir 4 kali lipat lebih cepat dibandingkan dari sebelumnya.

4. Hamil Minggu ke 9
  • Hamil 9 minggu - Bagi beberapa orang tidak sabar menunggu mengetahui jenis kelamin anaknya. Meskipun dalam kedokteran dan kebanyakan dokter akan memberikan kepastian pada bulan ke 7 mengenai jenis kelamin, namun dalam kenyataannya hamil minggu ke 9 atau diakhir bulan ke 2 kehamilan inilah periode pembentukan jenis kelamin dimulai. Namun pembentukan disini belum akan terlihat bila di USG sekalipun apakah perempuan atau laki-laki. Organ penting seperti pankreas, empedu dan pembentukan sidik jari dimulai diminggu ke 9 ini. Ukuran janin akan terlihat besar pada kepalanya bila dibandingkan dengan tubuhnya,yaitu sekitar separohnya.

baca juga artikel menarik lainnya :

B. Perkembangan ibu Hamil 2 Bulan


Pada kehamilan bulan ke 2 sang ibu merasakan ciri hamil yang lebih terasa, baik fisik maupun psikologis. Bagi anda yang sudah merasakan bahwa anda sedang hamil, maka selamat atas kehamilan anda. Bagi beberapa orang mungkin belum mengetahui kehamilannnya, karena ciri-ciri hamil seperti mual dan muntah atau biasa disebut dengan morning sickness tidak selalu dirasakan oleh tiap wanita hamil. Kadang ada yang merasa mudah lelah, sering buang air kecil dan insomnia.

1. Perkembangan, Gejala dan Ciri Fisik
  1. Tes kehamilan akan menunjukan 2 garis tanda anda sedang hamil
  2. Tanda awal utama adalah mual dan muntah atau morning sickness
  3. Mudah lelah dan merasa sangat letih
  4. Merasakan seperti akan haid dan bahkan disertai dengan kram ringan

2. Perkembangan dan Gejala Emosional
  1. Mungkin anda masih tidak percaya anda sedang hamil
  2. Ada kalanya anda merasa bersalah karena terkadang anda lupa anda sedang hamil

C. Ciri Umum Hamil 2 Bulan


Sebagian besar ciri-ciri hamil 2 bulan ini hampir sama dengan ciri bulan pertama kehamilan, bedanya adalah pada efek yang ditimbulkan akan lebih terasa kuat. Pada kehamilan bulan ke dua tubuh anda telah mengalami perubahan dalam hal penurunan gula darah, progesteron dan peningkatan volume darah. Hal-hal diatas akan menambah kuat ciri-ciri hamil pada bulan sebelumnya. Karena itu beberapa ciri-ciri hamil 2 bulan adalah :
  1. Mual-mual dan muntah, efek morning sickness ini pada beberapa wanita akan masih terasa bahkan hingga 3 bulan kehamilan.
  2. Sakit kepala, efek dari peningkatan hormon dan produksi darah.
  3. Mudah lelah, dan terasa ingin lebih banyak tidur
  4. Merasakan perut sudah mulai membesar dan berat badan naik
  5. Ngidam dan banyak makan, pastikan anda mengatur gizi makanan.
  6. Sering buang air kecil, ini juga efek dari hormon dan rahim yang mulai membesar dan menekan kandung kemih.

Demikian artikel kami yang membahas perkembangan janin dan ciri-ciri kehamilan 2 bulan,semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Baca juga artikel kami lainnya yang membahas tentang, sekian dan terima kasih ..


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.