Tips Mengobati Batuk Berdahak Pada Bayi Dibawah 1 Tahun Secara Alami

Batuk berdahak pada bayi - Bagaimana cara mengatasi batuk berdahak pada bayi secara alami ? Cara mengatasi bayi batuk berdahak yang memiliki usia masih di bawah 1 tahun tidak akan sama dengan anak yang sudah melewati usia balita. Sering kali bayi merasa tidak nyaman dan membuatnya menjadi rewel itu disebabkan salah satunya oleh batuk berdahak, batuk dan pilek pada bayi akan menghambat pernafasan sehingga bayi menjadi sulit tidur. Sakit tenggorokan akibat radang dan iritasi menjadikan bayi susah makan itu semua berawal karena bayi batuk berdahak. Untuk itu jangan berikan obat sembarangan tanpa anjuran dokter, jika anda tidak ingin menggunakan obat - obatan ada baiknya jika anda mencari obat tradisional itu akan mengobati secara alami.

Anak usia dibawah 1 tahun akan rentan terserang penyakit flu dan batuk terlebih lagi pada bayi usia 6 - 9 bulan. Batuk pilek pada anak dapat mengakibatkan tenggorokan bayi anda menjadi tidak nyaman, mengganggu pernapasan, bayi anda seringkali rewel ketika sedang menelan ASI karena sakit di tenggorokannya. Pada saat pergantian cuaca sering kali bayi yang masih di bawah 1 tahun seringkali terserang flu dan ketika pilek sudah ada pada tubuh anak kita, biasanya akan diikuti dengan batuk sehingga kita harus cepat - cepat mengatasi batuk pilek pada bayi kita. Perlu untuk kita ketahui sebagai orang tua, batuk berdahak dapat di kategorikan oleh beberapa kondisi seperti flu, batuk, pilek yang disebabkan karena virus, bakteri maupun alergi.

Kali ini kami akan mencoba berbagi tips aman ketika bayi kita sedang mengalami batuk berdahak. Tips ini merupakan pengobatan batuk yang berdahak pada bayi secara alami tanpa obat - obatan karena menggunakan cara penyembuhan tradisional. Berikut ini adalah suatu cara mengeluarkan dahak pada bayi agar membantu bayi anda untuk mengencerkan dahak sehingga memudahkan orang tua anak untuk membuang lendir yang ada di dalam tubuh bayi.

Tips Mengobati Batuk Berdahak Pada Bayi Dibawah 1 Tahun Secara Alami


bayi batuk berdahak

Berikut ini adalah cara mengobati batuk pilek pada bayi secara alami :


  1. Cara mengatasi batuk berdahak pada bay  yang pertama adalah coba sediakan baskom yang berisi air hangat kemudian tambahkan sedikit minyak kayu putih lalu posisikan baskom tersebut di dekat bayi agar udaranya terhirup. Perhatikan penempatan baskom, pastikan posisinya tidak dapat terjangkau oleh bayi karena dikhawatikan malah akan membuat si bayi terluka nantinya.
  2. Anda dapat memberikan olesan minyak telon atau balsem khusus bayi ke dada sesering ,ungkin sehingga bayi merasakan hangat, terutama menjelang malam hari itu dapat mengobati batuk berdahak
  3. Berikan kehangatan pada bayi. Anda dapat mengajak bayi anda setalah mandi pagi untuk mendapatkan sinar matahari (sekitar pukul 06.30-07.00) kurang lebih selama 10-15 menit.
  4. Pada bayi yang berusia 6 bulan ke atas, anda dapat memberikan cairan untuk terapi yang sederhana dalam mengencerkan dahaknya dan membersihkan tenggorokan bayi anda.
  5. Memberikan makanan tambahan seperti kaldu yang hangat itu dapat menjadi suatu cara mengobati bayi usia diatas 6 bulan yang sedang batuk berdahak.

Sedangkan cara mengencerkan dahak pada bayi anda dapat melakukan hal sebagai berikut :


  • Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan, untuk mengencerkan dahak maka tengkurapkan bayi pada pangkuan anda. Caranya dengan meletakan satu kaki anda lebih tinggi sehingga posisi bayi anda miring kemudian posisikan kepala bayi lebih rendah. Lalu anda dapat menepuk-nepuk secara lembut pada punggung bayi, dahak encer pada bayi akan turun kemudian keluar dari tenggorokan.
  • Anda dapat menggunakan alat khusus untuk mengeluarkan dahak dari bahan karet. Bila diperlukan menyedot dahak pada bagian mulut dan hidung. Pertama anda dapat menyedot mulut terlebih dahulu dengan menempatkan ujung penyedot ke dalam rongga mulutnya.
  • Ketika mengeluarkan dahak hindari menyedot mulut ataupun hidung bayi anda setelah menyusu atau makan karena dapat menyebabkan muntah. Apabila bayi anda mengalami muntah dan sulit bernapas maka anda dapat membatasi penyedotan.
  • Obat terbaik untuk mengatasi batuk berdahak pada bayi tidak lain adalah ASI. Usahakan selalu agar bayi anda tetap selalu untuk minum ASI sang ibu meskipun si bayi akan menolaknya karena sakit di tenggorakan.

baca juga :
Cara Mengatasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi DPT
Cara Menumbuhkan Rambut Bayi Agar Lebat Secara Alami

Demikian pembahasan kita kali ini yang mengulas tentang cara mengobati batuk berdahak pada bayi yang masih berusia di 0 - 12 bulan. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu anda sebagai orang tua yang baru saja memiliki anak pertama, sekian dan terima kasih ..


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.