Cara Mengatasi Bayi Rewel Pasca Imunisasi DPT

Demam pada bayi - Bagaimana cara mengatasi bayi demam setelah imunisasi DPT ? Cara yang sangat ampuh dalam menjaga bayi dari berbagai jenis penyakit adalah dengan memberikannya imunisasi atau vaksinasi namun sayangnya sering kali bayi demam setelah imunisasi. Tidak dipungkiri lagi dalam dunia kesehatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi agar semakin kuat perlu diberikannya imunisasi pada bayi baik dalam bentuk suntikan maupun oral. Namun perlu untuk kita ketahui bahwa setelah bayi mengikuti imunisasi efek samping yang terjadi biasanya adalah suhu tubuh bayi akan meningkat / demam, oleh karena itu bagaimana cara menurunkan demam pada bayi setelah dilakukan imunisasi ? Sebenarnya apakah itu imunisasi DPT dan mengapa menyebabkan efek demam pada bayi sehingga bayi rewel setelah imunisasi dan sulit tidur sering terjadi, itu yang perlu kita bahas terlebih dahulu.

Imunisasi DPT mempunyai efek samping pada kurang nafsu makan, nyeri di area bekas suntikan, muntah dan panas pada bayi. Akan tetapi manfaat imunisasi DPT tidak dapat diragukan lagi tapi beberapa yang biasanya membuat bayi rewel setelah imunisasi adalah demam pada bayi. Anda tidak perlu panik dalam mencari cara mengatasi bayi rewel setelah imunisasi anda karena berhasil atau tidaknya imunisasi dapat dilihat pada pasca imunisasi dengan ditandai perubahan suhu badan yang meningkat, panas atau bengkak disekitar area yang disuntikan.

Pemberian vaksin yang mempunyai efek samping demam pada tubuh bayi anda sering kali membuat anda panik dan mencari cara menurunkan panas pada bayi karena serba salah dan mungkin ikut menangis tak tega melihat keadaan bayi. Meskipun sebelumnya anda sudah diberi tahu pasca imunisasi akan ada perubahan yang dialami oleh bayi, anda dapat meminta obat penurunan panas sebagai salah satu cara menurunkan demam pada anak. Disini kami akan berbagi tips mengenai cara cepat menurunkan panas anak setelah diberikannya imunisasi dpt secara alami yang akan kami tuliskan secara lengkap dibawah ini.

Cara Mengatasi Bayi Rewel Pasca Imunisasi DPT

cara mengobati demam pada bayi


Berikut ini merupakan cara mengatasi panas pada bayi anda pasca imunisasi DPT atau imunisasi lainnya :

 

  • Cara cepat menurunkan panas anak pasca imunisasi yang pertama adalah dengan memberikannya ASI sesering mungkin karena kandungan ASI memiliki zat yang dapat menggurangi peningkatan suhu badan.
  • Selanjutnya kompres menggunakan air hangat sehingga menurunkan resiko kejang-kejang ketimbang menggunakan air dingin.
  • Selain itu memberikan kompresan air hangat dapat mengurangi pembengkakan pasca suntikan. Sering kali bayi merasa nyeri ketika bekas suntikan tersentuh sehingga membuat tidak nyaman yang mengakibatkan bayi rewel setelah imunisasi.
  • Cara mengatasi bayi demam pacsa imunisasi lainnya adalah mendekap bayi. Dengan memberikan dekapan dari anda dapat meningkatkan zat anti nyeri sehingga dapat menurunkan rasa sakitnya.
  • Jangan menggunakan bedong atau selimbut tebal untuk menurunkan demam pada anak yang habis di imunisasi, gunakan baju yang mudah menyerap keringat. 
  • Gunakan selalu alat pengukur panas (termometer) untuk melihat perkembangan peningkatan atau penurunan suhu tubuhnya.
  • Pada umumnya kenaikan suhu badan bayi anda akan meningkat berkisar 38- 40 derajat celcius, panas badan anda akan menurun dengan sendirinya dalam waktu 1-2 hari. Ketika bayi anda mengalami panas melebihi 38 derajat celcius dapat diberikan obat penurun panas yang sesuai dengan anjuran dokter. Bila tidak kunjung turun dan mempunyai riwayat kejang maka dapat berkonsultasi dengan dokter untuk diberikan penangananya.
  • Berikan pijatan halus agar bayi merasa nyaman agar tidak rewel terus menerus.

Berikut ini efek samping setelah diberikannya imunisasi dpt pada anak, diantaranya :

  1. Demam ringan
  2. Anak menjadi rewel
  3. Kulit pada bagian suntikan menjadi merah dan sakit
  4. Bengkak pada bagian suntikan
  5. Anak terlihat lelah

Setelah vaksin dpt diberikan kepada anak biasanya efek samping diatas akan terjadi selama satu sampai tiga hari. Setelah anda melakukan imunisasi dpt kepada bayi anda alangkah lebih baiknya jika anda menyiapkan ibuprofen atau acetaminophen (parasetamol) untuk meredakan demam pada anak. Pada beberapa kasus yang menyebabkan gangguan kesehatan sehingga dapat mengancam nyawa anak, seperti kerusakan hati dan otak dikarenakan penggunaan obat yang mengandung aspirin oleh karena itu sebaiknya untuk kita hindari saja. Pemberian vaksinasi DPT dapat menimbulkan kejang, koma, dan kerusakan otak akan tetapi hal tersebut sangatlah jarang terjadi.

Setiap orang tua selalu ingin memberikan perlindungan buah hati mereka dari penyakit. Salah satu caranya melalui cara meningkatkan kekebalan metabolisme tubuh anak dengan mengikuti imunisasi. Dan diatas merupakan beberapa cara mengatasi demam pada bayi pasca imunisasi DPT beserta cara menurunkan demam pada bayi tersebut.

baca juga :


  1. Penyebab dan Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Bayi Baru Lahir  
  2. Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Secara Alami

Demikian tips mengenai cara menurunkan demam pada bayi kita ketika setelah imunisasi DPT, jadi jangan terburu-buru untuk panik jika melihat bayi demam setelah imunisasi. Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan baca juga artikel kami lainnya tentang Mengetahui Kondisi Ibu dan Perkembangan Janin Usia 2 Bulan. Terima kasih ..


EmoticonEmoticon

Diberdayakan oleh Blogger.