Daftar Perlengkapan Yang Harus Dibawa Ketika Akan Melahirkan

Persiapan melahirkan anak pertama - Lahirnya anak yang di kandung ibu selama 9 bulan adalah suatu penantian yang sangat di tunggu oleh para pasangan suami istri, tapi tahukah anda apa saja perlengkapan yang harus dibawa saat persalinan ? Mempersiapkan perlengkapan persalinan adalah suatu hal yang harus dilakukan ketika usia kehamilan anda mulai memasuki 8 bulan terlebih lagi untuk persiapan melahirkan anak pertama karena anda belum memiliki pengalaman sebelumnya. Beberapa hal yang perlu kita siapkan adalah beberapa perlengkapan ibu melahirkan dan bayi baru lahir. Untuk itu perlengkapan yang wajib dibawa saat menjelang persalinan harus mulai dimasukkan oleh para suami ke dalam tas perlengkapan melahirkan agar nantinya kita tidak kelupaan barang - barang tersebut ketika tiba - tiba istri akan melahirkan.

Dalam keadaan seperti ini sangat diperlukan dukungan dari seorang suami ataupun anggota keluarga lainnya untuk membawa tas yang sudah disiapkan sebelumnya ketika proses persalinan semakin dekat. Dengan mempersiapkan tas perlengkapan yang sudah anda siapkan tersebut dapat membantu seorang wanita hamil ketika sedang mengalami proses kontraksi. Lalu apa saja perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di rumah sakit ? Perlengkapan bayi yang sudah disiapkan tidak ada salahnya juga untuk dibawa meskipun biasanya di rumah sakit sudah di sediakan kebutuhan dan perlengkapan bayi yang baru lahir selama dalam masa perawatan di rumah sakit tersebut.

Tujuan dari mempersiapkan perlengkapan ibu melahirkan tidak lain bukanlah untuk mempersingkat waktu apabila tiba - tiba sang ibu sudah merasa akan melahirkan namun masih berada di rumah sehingga tidak perlu panik dalam mengemasi barang - barang yang akan dibawa. Untuk itu pada pertemuan kali ini griya wanita akan mencoba berbagi pengalaman mengenai barang - barang apa saja yang diperlukan dan harus dibawa ke rumah sakit ketika seorang wanita yang hamil akan melahirkan sang buah hati. Mari langsung saja kita kupas selengkapnya tentang perlengkapan ibu melahirkan dan bayi baru lahir yang harus dibawa ketika berada di bidan ataupun di rumah sakit yang sudah kami tuliskan dibawah ini.

Daftar Perlengkapan Yang Harus Dibawa Ketika Akan Melahirkan

perlengkapan ibu melairkan dan bayi yang baru lahir


Sebelum kita mempersiapkan daftar barang bawaan yang hendak dibawa ketika akan melahirkan, ada baiknya jika sebaiknya kita menanyakan terlebih dahulu ke pihak rumah sakit tentang perlengkapan melahirkan yang sudah disediakan oleh pihak rumah sakit sehingga anda hanya perlu menambahkan barang yang tidak disediakan rumah sakit tersebut.

Adanya persiapan yang matang dapat membuat ibu hamil akan mempersiapkan persalinan dengan baik dan tepat. Oleh karena itu pada artikel kami kali ini kami akan mencoba berbagi tips perlengkapan persalinan yang tepat bagi ibu menjelang persalinan.

Daftar barang / perlengkapan yang dapat dibawa saat ibu menuju rumah bersalin, diantaranya adalah :


1. Pakaian yang nyaman

  • Piyama atau baju tidur merupakan salah satu pakaian yang nyaman digunakan bagi seorang wanita yang baru saja menyelesaikan proses persalinan baik itu normal ataupun caesar. Gunakanlah jenis pakaian berbahan yang mudah menyerap keringat dan juga pakaian dengan kancing di depan dengan tujuan untuk mempermudahkan anda ketika akan memberikan ASI pada bayi.

2. Bra dan Bantal Menyusui

  • Bra khusus ibu menyusui menjadi salah satu perlengkapan ibu hamil yang tidak boleh kita tinggalkan sebab dalam keadaan menyusui bayi setelah melahirkan bra khusus ibu menyusui sangatlah membantu terlebih lagi jika anda melahirkan anak pertama yang belum memiliki pengalaman sebelumnya. Selain itu diperlukannya bantal menyusui dengan tujuan agar dapat memudahkan memberikan ASI pada bayi anda sehingga masukan bantal menyusui kedalam daftar perlengkapan yang harus dibawa ketika akan melahirkan di sebuah rumah sakit.

3. Sandal

  • Bawalah sandal dengan permukaan yang tebal dan tidak licin untuk menghindari terpeleset di dalam kamar mandi rumah sakit. Tentu kita mengetahui kondisi setiap rumah sakit tentu akan berbeda dalam menjaga kebersihan khususnya di area kamar mandi.

4. Perlengkapan kebersihan

  • Untuk berjaga - jaga jika dari pihak rumah sakit tidak memberikan perlengkapan kebersihan kepada ibu melahirkan sebaiknya kita mengantisipasinya dengan membawa perlengkapan kebersihan dari rumah. Perlengkapan kebersihan untuk ibu melahirkan contohnya seperti alat mandi, sisir, dan juga alat make up agar tetap terkondisi ketika ada tamu yang ingin melihat kondisi ibu dan bayu yang baru saja dilahirkan.

5. Dokumen penting

  • Tidak kalah penting adalah dokumen penting yang harus anda bawa ke rumah bersalin. Meskipun anda sudah mendaftar di rumah sakit, terkadang beberapa rumah bersalin masih memerlukan konfirmasi ulang sehingga kartu asuransi atau surat lainnya yang akan mendukung administrasi harus dipersiapkan. Pasrahkan dokumen - dokumen tersebut kepada suami atau keluarga yang berjaga agar ketika pihak rumah sakit membutuhkan dokumen tersebut tidak perlu anda yang harus menyerahkannya.

Selain perlengkapan ibu melahirkan ada beberapa rekomendasi daftar perlengkapan bayi yang juga perlu untuk kita bawa, yaitu :


  • Bawalah buku catatan pemeriksaan rutin dokter agar dokter mengetahui kondisi terakhir dari ibu hamil tersebut.
  • Popok bayi yang dibawa tidak harus banyak. Anda cukup membawanya 3 pcs karena biasanya pihak rumah sakit ataupun bidan sudah menyediakannya.
  • Selimut bayi merupakan perlengkapan terpenting yang harus anda bawa. 
  • Mengingat bayi masih belum terbiasa dengan udara baru. Pilihlah bahan yang nyaman untuk bayi.
  • Sarung tangan dan kaki merupakan perlengkapan yang harus anda bawa di dalam tas bayi. Sarung tangan dan sarung kaki bisa anda bawa masing masing satu pasang.
  • Topi bayi merupakan barang yang diperlukan untuk membuat tubuh bayi nyaman.
  • Baju setelan bayi 2 pc yang dapat anda bawa untuk setelan pulang dari rumah bersalin.


Alangkah lebih baiknya jika anda memasukkan semua kebutuhan dan perlengkapan di atas ke dalam satu tas untuk mematangkan persiapkan yang sudah anda rencanakan tersebut. Kemudian tempatkan tas berisikan perlengkapan ibu melahirkan pada area yang mudah dilihat dan diraih untuk dibawa agar dapat mempermudah untuk ditemukan ketika secara mendadak harus segera berangkat ke rumah sakit. Dan jangan lupa memberitahukan tempat tas tersebut kepada suami ataupun keluarga yang akan menemani anda saat proses persalinan di rumah sakit.

baca juga :
  1. Tips Memilih Baju Untuk Ibu Hamil Yang Bekerja
  2. Cara Mengatasi Iritasi Pada Area Kemaluan Bayi Secara Alami

Yang terakhir dan harus diingat bagi wanita hamil yang akan melahirkan adalah usahakan untuk setenang mungkin dan jangan panik. Bersikap tenang memiliki tujuan agar anda terhindar dari stres karena akan berpengaruh pada kelancaran proses persalinan.

Demikian artikel kami tentang perlengkapan yang harus dibawa saat persalinan di rumah sakit atau di bidan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu anda untuk mempersiapkan barang yang akan dibawa saat persalinan dan janganlah lupa untuk selalu berdoa memohon kelancaran akan proses persalinan mendatang, sekian dan terima kasih ..


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.