Cara Menghilangkan Bintik Putih Pada Lidah Bayi Paling Aman

Lidah putih pada bayi - Bagaimana cara mengatasi lidah putih pada bayi umur 1 bulan ? Sebenarnya lidah bayi putih tebal itu tidak perlu begitu dicemaskan karena anak anda akan mengalami perubahan pada tubuhnya semasa masih bayi. Sering kali kita menjadi khawatir ketika anda mendapati perubahan warna pada bagian lidah bayi anda. Namun itu semua merupakan suatu hal yang wajar karena kita belum mengetahui penyebab lidah putih pada bayi. Oleh sebab itu ketika anda bertemu dengan bidan ataupun dokter, perlu anda bertanya mengapa lidah bayi anda terlihat berwarna putih pekat dan bahayakah lidah bayi putih seperti sariawan ?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara menghilangkan bintik putih pada bayi sebaiknya terlebih dahulu kita mengetahui apa penyebab terjadinya bercak putih pada lidah bayi anda atau dalam bahasa kedokteran sering dikenal dengan sebutan oral thrust. Proses pemberian ASI menjadi terganggu bisa dikarenakan kita terlalu menyepelekan rongga mulut bayi yang kering sehingga menyebar menjadi lapisan berwarna putih. Dan penyebab terjadinya lidah bayi putih salah satunya adalah infeksi yang ditimbulkan dari jamur Candida Albicans.

Penyebab lidah bayi terdapat bercak putih selain jamur candida albicans, lidah putih pada bayi juga bisa berawal dari kita sendiri seperti :
  • Peradangan pada bagian payudara ibu yang sedang menyusui.
  • Apabila ibu menyusui mengkonsumsi antibiotik ketika setelah melahirkan maka peluang terjadinya lidah putih pada bayi semakin besar.
  • Penyebab lidah putih pada bayi yang terakhir adalah kurangnya menjaga kebersihan baik ibu ataupun bayi, misalnya dalam menyediakan botol susu yang kurang bersih atau kurang menjaga kebersihan tangan pada ibu yang sedang menyusui.
Oleh karena itu kali ini kami akan mencoba berbagi tips tentang cara membersihkan lidah bayi yang putih dan dibawah ini ulasan secara lengkapnya.

Cara Menghilangkan Bintik Putih Pada Lidah Bayi Paling Aman

cara menghilangkan bintik putih pada bayi

Berikut ini merupakan cara menghilangkan bintik putih pada bayi paling aman, yaitu :


1. Bersihkan Dengan Air Matang

Cara pertama untuk mengatasi lidah putih pada bayi adalah dengan membersihkan bagian mulut bayi anda dengan menggunakan sedikit air matang ketika si kecil setelah selesai menyusu. 
  • Cara membersihkan lidah bayi yang putih dengan menggunakan kasa yang steril yang telah anda basahi memakai air matang.
  • Lalu untuk membersihkan bagian mulut anak anda, anda dapat membersihkannya dengan cara mengusapnya secara perlahan.

2. Rendam Kempengan Dengan Air Hangat

Namun jika bayi anda sering menggunakan kempengan, maka sebelum empeng tersebut di berikan kepada si kecil terlebih dahulu anda harus mencuci dengan bersih serta merendam empeng menggunakan air panas selama beberapa menit saja.

Mungkin anda tertarik :

3. Perawatan Botol Susu

Akan tetapi pada bayi yang diberikan susu formula, jenis dan cara perawatannya pun berbeda, yaitu sebagai berikut: :
  • Jika bayi anda sudah memiliki berat badan yang idela, alangkah lebih baiknya jika harus menghentikan pemberian susu formula di malam hari dan air mineral paling baik untuk menggantikan minum pada bayi di malam hari .. 
  • Tetapi jika berat badan bayi anda masih belum ideal, maka lanjutkan pemberikan susu formula pada bayi di malam hari. Tapi perlu anda ingat ketika anak anda sudah selesai minum susu, segeralah bersihkan pada bagian mulut si kecil dengan mempergunakan air putih yang sudah matang.

4. Konsultasikan Kepada Dokter

Jika cara diatas sudah anda lakukan namun bercak putih yang ada di bagian lidah bayi tidak segera hilang, alangkah lebih baiknya bawa bayi anda untuk berkonsultasi ke dokter anak. Sehingga dengan harapan dokter dapat memberikan obat anti jamur kepada bayi anda yang masih berumur 1 bulan. 

baca juga :

Demikian artikel kami kali ini yang membahas tentang cara mengobati lidah putih pada bayi dengan cara oaling aman. Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat bagi para wanita yang sekang sudah menjadi seorang ibu, sekian dan terima kasih ..


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.