Tips Supaya Gigi Bayi Muncul Dengan Cepat

Gigi bayi muncul dengan cepat – Bagaimana cara agar gigi cepat tumbuh pada bayi ? Supaya proses pertumbuhannya bisa cepat, anda bisa melakukan banyak cara untuk mempercepat pertumbuhan gigi yang ditambah dengan sayuran yang dapat merangsang pertumbuhan gigi pada bayi. Hal ini dibutuhkan karena usia 6 bulan bayi memasuki akan masa tumbuh gigi yang pertama. Kemampuan pertumbuhan gigi setiap anak berbeda beda tetapi umumnya di usia 6-14 bulan lah gigi mulai tumbuh.

Lantas apa saja yang bisa dilakukan orang tua supaya bisa merangsang bayi supaya cepat tumbuh gigi ? Perlu untuk kita ketahui, selain vitamin untuk pertumbuhan gigi anak ternyata sayuran yang dapat merangsang perkembangan gigi pada bayi seperti kacang kacangan sangat baik dikonsumsi oleh orang tua terutama ibu yang memberikan ASI eksklusif kepada sang bayi. Hal ini dikarenakan kacang kacangan sangat bermanfaat mempercepat pertumbuhan gigi bayi.

Tetapi yang dikhawatirkan adalah terkadang ada bayi yang mengalami terlambat tumbuh giginya. Maka bagaimana cara mengatasi bayi yang terlamat tumbuh gigi ? Biasanya gigi balita mulai tumbuh pada usia 4 – 6 bulan pertumbuhan dan perkembangan gigi si bayi sangat dipengaruhi oleh gizi dan asupan sang ibu karena akan diberikannya melalui ASI kepada si bayi. Maka sebaiknya untuk menghindari terjadinya terlambat pertumbuhan gigi si bayi, ibu harus memeriksa asupan gizi dan asupan yang sehat supaya bisa merangsang pertumbuhan gigi si bayi.

Tips Supaya Gigi Bayi Muncul Dengan Cepat

cara supaya bayi cepat tumbuh gigi

Sudah banyak yang tahu bahwa madu sangat baik untuk kesehatan gigi, berikut beberapa manfaatnya :

  • Membantu mengatasi gangguan tiroid (penyebab lambatnya pertumbuhan gigi). Ini diyakini dapat membantu detoksifikasi, mengembalikan keseimbangan asam basa, memfasilitasi penurunan berat badan, dan membantu mengatur hormon dan meningkatkan metabolisme energi (seperti diketahui, penyebab lambatnya pertumbuhan gigi yakni akibat hipotiroidisme, nah dengan membasmi penyebabnya maka gigi anak dapat cepat tumbuh.
  • Madu memiliki kandungan nutrisi yang komplit untuk membuat gigi anda kuat. Kandungan nutrisi tersebut meliputi, kalsium, zat besi, dan magnesium. Ketiga kandungan nutrisi tersebut mampu mengembalikan serta mempertahankan kepadatan tulang gigi yang berkurang yang disebabkan oleh beberapa faktor serta mampu untuk merangsang pertumbuhan gigi
  • Madu mengandung anti bakteri yang sangat berguna untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang besar
  • Madu memiliki kadar gula yang tinggi yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri
  • Tingkat keasaman pada madu sangat tinggi sehingga bisa membunuh bakteri
  • Madu memiliki senyawa hidrogen pedroksida yang mampu membasmi mikroorganisme penyebab gigi rusak
  • Dalam madu, terdapat senyawa yang bisa berfungsi sebagai anti bakteri
  • Madu memiliki zat anti bakteri yang berguna untuk membunuh jenis-jenis bakteri dalam mulut. Dengan demikian. anda bisa menggunakan madu untuk menghilangkan serta mencegah munculnya bau yang tidak sedap dari mulut anda

Makanan supaya bayi cepat tumbuh gigi


Berikut adalah beberapa makanan yang bisa menjadi perangsang pertumbuhan gigi bayi :

Susu

  • ASI dan susu formula juga sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan gigi pada anak. Susu mengandung vitamin yang sangat lengkap dan juga kalsium. Salah satu sebab kuatna tulang dan gigi adalah dengan susu. Pencernaan juga akan lancar dengan mengkonsumsi susu yang menjadikan gigi menjadi sehat. Susu bisa membantu mencegah kerusakan gigi terutama saat masih dalam masa pertumbuhan.

Sayur - Sayuran

  • Jika bayi Anda sudah mendapatkan makanan pendamping ASI maka Anda dapat mulai memberikan beberapa jenis sayuran hijau.kangkung, brokoli sangat baik untuk pertumbuhan gigi si anak. Semua makanan ini sangat penting karena mengandung nutrisi untuk gigi seperti kalsium, asam folat, zat besi, dan vitamin yang lengkap.

Kacang - Kacangan

  • Jika anak Anda tidak memiliki alergi kacang-kacangan seihngga jenis makanan ini sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang anak. Jenis kacang-kacangan yang bisa Anda berikan termasuk seperti kacang hijau, kacang mete, kacang hitam, kacang tanah dan kacang merah. Bisa juga anda mengolah kacang ini menjadi bubur sehingga mudah untuk pencernaan anak.

baca juga :
  1. Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Secara Aman Dan Nyaman
  2. Cara Aman Menjemur Bayi Baru Lahir


Demikian tips supaya gigi bayi cepat tumbuh serta makanan yang bisa diberikan untuk merangsang pertumbuhan gig bayi secara cepat. Semoga pertemuan kita kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.