Mengetahui Tumbuh Kembang Pada Bayi Usia 0 - 3 Bulan

Sebagai peran orang tua baru pasti kita sangatlah bingung akan perkembangan bayi kita dari lahir menuju ke perkembangan pada bulan ke 2 dan seterusnya. Ingin rasanya kita mengetahuinya dan disini kami ingin berbagi pengalaman untuk mengetahui perkembangan bayi dari bulan ke bulan.

Bayi merupakan anugrah yang sangat diinginkan seorang pasangan suami istri karena dengan kehadiran bayi dari dibulan pertama sampai seterusnya, lengkaplah sudah keluarga tersebut. Diantara berbagai banyaknya orang, mama ialah yang paling dekat dengan bayi meskipun ada papah mereka karena mama adalah orang yang paling mengerti mereka dengan menghabiskan waktu bersama – sama apalagi pada perkembangan bayi usia 3 bulan yang mulai belajar tengkurap.

Seorang ibu tidak akan pernah diragukan keahlian mereka dalam merangsang tumbuh kembang anak mereka yang sangat perhatian dari bulan pertama menuju bulan kedua, bulan kedua menuju bulan ketiga dan selanjutnya. Tidak semua bayi dapat dengan gampang dekat dengan orang lain dan hal ini dibuktikan dalam keadaan mereka sewaktu dipelukan atau dibuaian orang lain kecuali dengan ibunya dan alhasil, bayi pun akan menangis jika dipeluk oleh orang lain, karena sensasi yang bayi dapatkan berbeda dari apa yang diberikan ibu mereka.

Perkembangan bayi usia 0 -3 bulan biasanya menunjukkan kemajuan yang cukup pesat. Mari kita ikuti tahapan perkembangan mereka melalui artikel ini

Mengetahui Tumbuh Kembang Pada Bayi Usia 0 - 3 Bulan

perkembangan bayi


Tahap tumbuh kembang bayi usia 0 – 3 bulan
1. Bayi Usia 0 Bulan

  • Bayi yang baru lahir cuma bisa menangis karena ini merupakan respon dan bahasa alami yang bisa dia lakukan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Saat ini bayi Anda masih tampak keriput dan jelek. Pada wajah, mata serta bibirnya kemungkinan agak bengkak terutama pada kelahiran normal, hal ini wajar karena dia baru saja melewati proses persalinan melalui jalan yang sempit. Hal ini tentunya agak berbeda dengan bayi yang dilahirkan secara cesar. Untuk keriput kulit ini terjadi karena dia lama berendam di dalam air ketuban dan daging serta lemak di bawah lapisan kulitnya masih belum terisi.
  • Untuk kemampuan refleks yang bisa dia lakukan untuk saat ini adalah mengisap, menggenggam, dan mencari puting. Ini merupakan refleks ‘primitif’ yang dimiliki oleh setiap bayi untuk kemampuan mempertahankan hidup. Makanya biasanya setelah bayi lahir, dia biasanya di posisikan tengkurap di atas dada Ibu untuk berusaha mencari puting dan menghisap ASI sebagai nutrisi awal mereka.
Baca juga artikel tentang :  Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Secara Aman dan Nyaman

2. Bayi Usia 1 Bulan

  • Pada usia ini biasanya bayi lebih banyak tidur. Masa ini bayi masih belum bisa membedakan siang dan malam, sehingga dia bisa saja tidur seharian di siang hari sedangkan di malam hari dia akan sering terbangun. Pigmen mata mereka masih belum berkembang secara sempurna. Sehingga warna mereka akan berubah pada mingu-minggu mendatang. Bayi akan menangis sebagai ungkapan rasa lapar mereka. Dia pun punya refleks menggenggam jemari Ibu.
 Baca juga artikel tentang : Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Secara Aman dan Tepat

3. Bayi Usia 2 Bulan
  • Penglihatan si kecil sudah mulai berkembang dan bisa melihat lebih jauh saat ini. Dia mulai mencoba meraih benda yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu biasanya kita memberi mainan stimulasi berupa mainan yang digantungkan di atas box bayi mereka untuk mereka coba raih. Dan mereka juga mulai suka menghisap jempol dan bermain mengenal tangannya sendiri. Dia juga suka memasukkan barang-barang ke dalam mulutnya sebagai tahap pengenalan.
  • Pada usia ini, si kecil sudah bisa menengarai suara Ibunya. Dia juga sudah bisa mulai menggenggam mainan. Pada usia ini pula bayi sudah lebih kuat menyangga kepalanya dan berusaha untuk berguling ke kanan dan ke kiri
Baca juga artikel tentang : Tips Memilih Mainan Untuk Bayi 0 - 3 Bulan Terbaik

Demikian ulasan dari kami jika memiliki cerita dan ingin diceritakan tulisakan saja pada komentar kita. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu papa dan mama dalam mengetahui tumbuh kembang anak anda, sehingga kita dapat membantu memberi rangsangan sesuai dengan usianya. Terima kasih


EmoticonEmoticon

Diberdayakan oleh Blogger.