Menu Buka Puasa Lengkap Dengan Takjil Di Hari Ke Tiga

Menu buka puasa - Sudahkah bunda memikirkan menu buka puasa hari ini yang akan disajikan saat waktunya berbuka tiba ? Sebaiknya kita mulai menyiapkan resep menu makanan buka puasa sejak di pagi hari dengan tujuan kita tidak akan tergesa - gesa saat menjelang adzan magrib. Tidak hanya menu untuk buka puasa saja yang kita bayangkan namun kita juga harus memikirkan resep masakan untuk anak kita yang mulai belajar untuk berpuasa di bulan suci ramadhan kali ini. Walaupun sebuah menu buka puasa yang praktis akan tetapi jika kita mengerjakannya dengan senang hati maka masakan buka puasa akan terasa sangat istimewa di mata keluarga kita.

Membuat makanan untuk berbuka yang spesial tidaklah harus seperti resep masakan chinese food yang ada pada restoran mahal. Cukup dengan cara penyajian yang berbeda tentu akan menjadikan makanan terasa berbeda, misalnya saja membuat olahan ikan bandeng namun cara penyajiannya dengan cara di pepes. Lalu bagaimana cara membuat menu masakan buka puasa seperti pepes bandeng tersebut ? Selain memberikan banyak protein dari ikan bandeng, masakan yang diolah dengan cara di pepes akan memberikan ciri khas tersendiri.

Namun kita juga jangan lupa untuk menyiapkan menu jajanan takjil saat berbuka nanti. Jika memang dirasa ketika bunda akan menghabiskan banyak waktu apabila membuat pepes bandeng maka sebuah minuman berupa es jus segar juga dapat menjadi pilihan menu takjil buka puasa. Dengan memanfaatkan buah yang tersedia di dapur rumah, kita dapat membuat minuman dengan resep jus yang dipadukan dari beberapa buah yang berbeda. Mari langsung saja kita lihat resep masakan buka puasa seperti apa yang dapat dijadikan menu untuk bulan ramadhan ini.

Menu Buka Puasa Lengkap Dengan Takjil Di Hari Ke Tiga

menu untuk buka puasa


Jika kita menginginkan menu buka puasa sehat di bulan penuh rahmat ini maka masakan seperti pepes bandeng yang dapat dijadikan salah satu rekomendasinya. Makanan yang memasaknya dengan cara di pepes atau di kukus akan lebih sehat jika dibandingkan dengan makanan yang memasaknya dengan cara di goreng. Meskipun kita harus mengorbankan banyak waktu saat membuat pepes bandeng akan tetapi ketika setelah matang akan terbayar dengan hasil aroma ikan yang memiliki wangi khas serta otentik.

Pepes ikan bandeng merupakan salah satu resep masakan nusantara yang ada sejak dulu kala. Tekstur daging ikan bandeng yang lembut memang sangat cocok jika diolah dengan cara di pepes dan jika anda menginginkan masakan ini memiliki aroma tradisional yang khas maka cukup anda tambahkan daun jeruk dan daun kemangi. Mari langsung saja kita lihat bagaimana cara membuat pepes ikan bandeng untuk menu buka puasa hari ini pada ulasan Griya Wanita sebagai berikut :

Cara membuat menu berbuka pepes ikan bandeng


Bahan - bahan yang diperlukan :

  • 1 ekor ikan bandeng berat @450 gram
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 buah tomat, iris
  • 4 lembar daun jeruk
  • 6 buah belimbing sayur, potong-potong
  • 25 lembar daun kemangi

Bumbu yang dihaluskan :

  • 1 sdt terasi matang
  • 1 sdt irisan gula merah
  • 5 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 15 buah cabai merah besar
  • 12 buah cabai rawit merah

Perlengkapan yang perlu di siapkan :

  • Lidi secukupnya, untuk menyemat.
  • Daun pisang secukupnya, untuk membungkus.

Cara membuat pepes bandeng : 
  1. Langkah pertama yang perlu untuk kita kerjakan adalah dengan menyiangi bandeng, buang isi perutnya, potong mendjadi 3 bagian, cuci bersih. Kemudian lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan sebentar. Cuci bersih kembali dan tiriskan.
  2. Setelah itu campur bumbu yang dihaluskan dengan tomat iris, belimbing sayur, garam, gula dan daun kemangi. Aduk rata. Jangan lupa untuk menambahkan minyak goreng, lalu aduk rata.
  3. Ambil 2 lembar daun pisang taruh daun jeruk dan 3 sdm adonan bumbu, letakan sepotong bandeng, tambahkan bumbu dan bungkus bentuk lontong, lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  4. Kukus selama 30 menit hingga matang, angkat dan panggang hingga daun mengering. Angkat.
  5. Sajikan dengan nasi putih.

Tips untuk menghindari bau amis atau ikan biasanya berbau tanah pada masakan pepes bandeng ini, kita dapat mencampuri bahan - bahan seperti campuran terasi, daun jeruk dan daun kemang. Jika anda mengikuti tutorial cara memasak pepes ikan bandeng di atas, insyaAllah anda akan mendapatkan pepes ikan bandeng yang spesial untuk disajikan saat berbuka puasa tiba. Masakan ini dapat kita masukan dalam salah satu daftar menu berbuka puasa sebulan di bulan ramadhan ini karena selain rasa yang enak dan lezat, makanan ini juga bergizi tinggi.

Untuk menu takjil saat berbuka kita dapat membuat resep jus nanas ceria. Mari langsung saja kita lihat cara membuat resep jus tersebut pada ulasan berikut ini :

Cara membuat resep jus nanas ceria
resep jus nanas ceria


Bahan - bahan yang diperlukan :

  • 1 buah nanas dengan kulit yang sudah terkupas
  • Gula pasir secukupnya, atau bisa diganti dengan sirup coco pandan.
  • 2 gelas air mineral

Cara membuat jus nanas ceria :
 
  1. Pertama - tama potong nanas untuk memudahkan proses blender lalu masukkan ke gelas blender bersama air dan gula.
  2. Kemudian blender kurang lebih 2 menit sampai halus. Siap disajikan bersama pemanis sesuai selera.

baca juga :


Demikian postingan kami yang baru saja membahas tentang cara membuat pepes ikan bandeng untuk disajikan di waktu berbuka puasa kali ini. Semoga menu buka puasa dan takjil diatas cocok dan dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terima kasih ..


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.