Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Cara Menghitung Masa Subur Wanita - Bagaimana cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil ? Sering sekali bagi kita yang belum di beri momongan bertanya mengenai masa subur wanita setelah haid berapa hari, supaya mereka lebih cepat untuk punya anak. Dengan menghitung masa subur wanita, dapat membantu anda lebih mudah untuk mempunyai anak. Hal ini dikarenakan, saat terjadi hubungan suami-istri yang tepat pada masa subur, disitu sedang terjadi masa ovulasi yaitu waktu puncak kesuburan wanita. Sehingga disarankan bagi suami atau istri yang menginginkan cepat mempunyai anak, disarankan untuk mengetahui masa subur wanita setelah haid. Kali ini kami akan memberikan tips untuk mengetahui cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil, oleh karena itu mari kita simak penjelasan dibawah ini.


Pada umumnya masa subur wanita dapat dibedakan antara masa puncak masa subur dan masa subur biasa. Masa puncak subur perempuan adalah 13 hari setelah hari pertama haid (Hari Pertama Menstruasi + 13 hari). Sedangkan masa subur biasa pada wanita adalah masa puncak subur -3 hari sampai dengan masa puncak subur + 3 hari. Sebagai contoh yang paling gampang mengenai penjelasan masa subur wanita adalah apabila hari pertama menstruasi tanggal 10 maka tanggal masa puncak subur anda pada tanggal 23, masa subur awal tanggal 20 dan masa subur akhir tanggal 26.

Anda harus mencatat panjang siklus menstruasi minimal selama 6 siklus atau 6 bulan bagi anda yang mempunyai siklus menstruasi yang tidak teratur. Dan untuk perhitungan masa subur adalah dari jumlah hari pada siklus yang paling panjang, dikurangi dengan 11 maka akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Dan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, akan diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita


Berikut ini merupakan cara termudah dan mendekati akurasi diatas 90 % lengkap dengan tabel, sebagai berikut :

Tabel Kalkulator Kesuburan Wanita


Sirkulasi Menstruasi

Ovulasi

Periode Masa Subur

22

Hari ke - 8

Hari ke - 7 to 9

23

Hari ke - 9

Hari ke -  8 to 10

24

Hari ke - 10

Hari ke - 9 to 11

25

Hari ke - 11

Hari ke - 10 to 12

26

Hari ke - 12

Hari ke - 11 to 13

27

Hari ke - 13

Hari ke - 12 to 14

28

Hari ke - 14

Hari ke - 13 to 15

29

Hari ke - 15

Hari ke - 14 to 16

30

Hari ke - 16

Hari ke - 15 to 17

31

Hari ke - 17

Hari ke - 16 to 18

32

Hari ke - 18

Hari ke - 17 to 19

33

Hari ke - 19

Hari ke - 18 to 20

34

Hari ke - 20

Hari ke - 19 to 21

35

Hari ke - 21

Hari ke - 20 to 22

36

Hari ke - 22

Hari ke - 21 to 23


Sebagai ilustrasi untuk hitung masa subur tabel diatas, dapat disimulasikan seperti penjelasan berikut :
  • Awal menstruasi bulan lalu : 1 Januari
  • Awal menstruasi bulan ini : 3 Februari
  • Siklus menstruasi : 33 hari
  • Ovulasi (Masa Puncak subur) : 22 Februari (19 hari sejak awal menstruasi bulan ini)
  • Masa subur : 21-23 Februari (sehari sebelum hingga sehari setelah ovulasi)


Cara lain yang lebih mudah mengetahui masa subur wanita untuk cepat hamil adalah :
  1. Gunakan alat tes masa subur yang bisa anda beli di Apotek. Untuk mengetahui masa subur, Alat digunakan dengan media air seni wanita dan mempunyai tingkat ketepatan 90% sampai 95%.
  2. Metode lebih sederhana dan tradisional mengetahui Masa Subur Istri adalah dengan mengecek lendir leher rahim dengan jari. Rekatkan jari telunjuk dan ibu jari yang telah dioleskan lender leher rahim, lalu buat jarak 2 sampai 3 cm. Apabila lendir tersebut putus, maka istri anda dalam kondisi tidak subur dan jika tidak putus maka sedang dalam masa subur. Namun metode sederhana mengetahui Kesuburan Wanita ini hanya memiliki tingkat 60% s/d 70% saja.



Demikian pertemuan kita kali ini, dari pembahasan cara menghitung siklus haid untuk mengetahui masa subur wanita setelah haid dapat kita ambil kesimpulan :
  1. Mengetahui Masa Subur Wanita (Istri), merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan prosentasi terjadinya kehamilan
  2. Perhitungan Masa subur dipengaruhi sirkulasi Menstruasi yang Teratur atau tidak teratur
  3. Posisi Berhubungan Badan dan Masa Subur Pria (Suami) juga menjadi faktor penentu terjadinya kehamilan saat Promil
  4. Puncak Masa Subur Wanita Terjadi pada 13 hari setelah hari terakhir Haid (Darah Haid Tidak Keluar lagi).
 baca juga artikel kami lainnya tentang cara supaya cepat hamil dan juga tanda-tanda awal kehamilan. Cukup sekian dan terima kasih . . .


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.