Cara Aman Menjemur Bayi Baru Lahir

Menjemur bayi baru lahir - Bagaimana cara menjemur bayi yang baru lahir ? Hello mom, selamat karena telah dikarunia seorang yang dapat penyejuk mata ya. Mom, biasanya bayi yang baru lahir harus dijemur dibawah sinar matahari pagi dan ini sangat dibutuhkan buat tumbuh kembang si bayi. Bukan hanya bertujuan untuk menghangatkan tubuh si bayi, tetapi sinar matahari pagi ini dapat mengurangi kadar bilirubin yang dapat membuat kecenderungan si bayi berwarna kuning pada kulitnya. Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk menjemur bayinya di pagi har supaya terhindar penyakit tersebut.

Namun yang sangat disayangkan, para orang tua masih banyak yang belum tau waktu yang baik. Apakah menjemur bayi sebaiknya setelah atau sebelum mandi ? bukan hanya itu beberapa orang tua masih belum mengetahui cara menjemur bayi yang baik dan benar, padahal hal tersebut adalah hal yang sangat penting.

Berikut cara menjemur bayi yang baru lahir, waktu yang baik menjemur bayi yang baru lahir dan berapa lama menjemur bayi yang baru lahir. Ini dia pembahasannya, silahkan disimak dibawah ini :

Cara Aman Menjemur Bayi Baru Lahir

Cara Aman Menjemur Bayi Baru Lahir


1. Semua tubuh terkena sinar matahari

  • Keadaaan bayi ketika dijemur harus dalam kondisi telanjang dada atau hanya memakai celama atau bahkan popok, dan untuk selalu membolak - balikkan tubuh sang bayi jika sudah terasa hangat bpada kulitnya. Dengan begitu, seluruh tubuhnya bisa terkena sinar matahari secara merata, bukan dada saja melainkan bagian punggung juga. Usahakan bagian mata sang bayi selalu membelakangi sinar matahari, supaya bisa menghindari dari rusaknya lensa mata sang bayi dari sinar matahari.

2. Tidak mesti dan harus di ruangan yang terbuka

  • Tidak mesti dan harus diruangan yang terbuka dan terkena paparan sinar matahari secara langsung. Tetapi, sebagai orang tua harus cerdas dalam memilih tempat yang agak terlindungi namun tetap terkena sinar matahari pagi juga, maka itu sudah cukup baik. Serta bisa juga terlindungi lewat kaca yang bening

3. Memijat - mijat tubuh si bayi
  • Manfaat waktu menjemur bayi dengan sinar matahari untuk memijat tubuh si kecil dengan baby oil. Yang bertujuan untuk menjaga kulit si kecil supaya tetap lembab dan tidak kering ketika berjemur. Dan momen ini bisa membuat tubuh si kecil menjadi lebih rileks dan menjadikan dia sangat nyaman

4. Membersihkan bagian tubuh si bayi

  • Biasanya menjemur bayi itu baiknya dilakukan di waktu jam 7 pagi sampai jam 8 pagi sebelum sang bayi dimandikan. Di saat - saat itu bisa anda membersihkan bagian tubuh sang bayi yang mungkin sering anda lewatkan. Misalnya seperti daun telinga, paha, bahkan tangan si kecil dengan menggunakan kapas yang telah di tetesi dengan baby oil. Dan setelah selesai, Anda bisa segera mandikan si kecil.

5. Jangan terlalu panas

  • Meskipun waktu menjemur sang bayi sangat tepat yaitu jam 7-8 pagi, tetapi bila sinar matahari terasa sangat terik, maka anda harus mengakhiri waktu berjemur. Karena jika si kecil terlalu lama di jemur, maka si kecil bisa mengalami hipertemia atau penaikan suhu tubuh. Dan kondisi tersebut bisa sangat mengganggu fungsi metabolisme tubuh si kecil, otak, bahkan beberapa orang penting lainnuya. Dan untuk orang tua selalu mengecek suhu tubuh si bayi yaitu berkisar antara 36,5-37,5 derajat celcius.

Yang perlu diingat buat orang tua, bahwa bayi yang baru lahir akan sangat sensitive terhadap hal - hal yang baru baginya. Maka dari itu, anda sebagai orang tua haru selalu menjaga dan mengawasi ketika sedang menjemur sang buah hati

Demikian sedikit penjelasan tentang bagaimana cara aman menjemur bayi yang baru lahir, sebagai orang harus lebih cerdas dalam memilih waktu yang tepat dan cara yang aman untuk kesehatan, tumbuh dan perkembangan si buah hati.


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.