Cara Mengetahui Tanda Akan Melahirkan Sudah Dekat

Cara Mengetahui Tanda Akan Melahirkan Sudah Dekat - Melahirkan adalah suatu proses yang panjang dan melelahkan oleh karena itu bagi para suami istri harus mengetahui tanda akan melahirkan. Proses ini merupakan suatu proses yang harus dilewati dan hampir semua wanita melalui proses tersebut. Sebelum memasuki tahap tersebut, anda akan mengalami tanda-tanda melahirkan. Akan tetapi tidak semua wanita akan mengalami tanda-tanda melahirkan yang sama.

Oleh karena itu sepasang suami istri dituntut untuk mempersiapkan diri dan bersiaga dalam menghadapi persalinan, anda bisa memerhatikan beberapa tanda melahirkan yang mungkin terjadi pada fisik dan emosional anda. Pada beberapa minggu atau hari sebelum persalinan biasanya tanda-tanda ini mulai terlihat. Pada pembahasan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai Cara Mengetahui Tanda Akan Melahirkan Sudah Dekat, dan berikut ulsannya :

Cara Mengetahui Tanda Akan Melahirkan Sudah Dekat 

Cara Mengetahui Tanda Akan Melahirkan Sudah Dekat

 

Tanda akan melahirkan secara fisik
  1. Mulai merasakan sulit untuk tidur.
  2. Merasakan nyeri pada punggung, sakit perut atau kram selayaknya masa pramenstruasi.
  3. Frekuensi buang air kecil meningkat. Hal ini dikarenakan beberapa pekan atau jam sebelum persalinan, bayi akan turun ke tulang panggul anda. Kondisi ini membuat rahim bersandar lebih sering pada kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil menjadi semakin meningkat dibandingkan biasanya.
  4. Merasakan kontraksi palsu. Kontraksi ini biasa disebut Braxton Hicks atau terjadi pengencangan perut yang datang dan pergi. Namun pengencangannya tidak sekuat kontraksi sungguhan ketika melahirkan. Biasanya kontraksi ini berlangsung 30 hingga 120 detik. Berbeda dengan kontraksi sungguhan, kontraksi Braxton Hicks dapat hilang ketika anda berpindah posisi atau relaks. Kontraksi ini akan anda rasakan sebelum mengalami kontraksi sungguhan. Perbedaan lain kontraksi ini dengan kontraksi sungguhan, yaitu kontraksi Braxton Hicks hanya terasa di daerah perut atau panggul, sementara kontraksi sungguhan biasanya terasa di bagian bawah punggung kemudian berpindah ke bagian depan perut.
  5. Keluar lendir kental bercampur darah dari vagina. Selama hamil, serviks anda ditutupi oleh lendir yang kental. Namun ketika mendekati persalinan, serviks anda akan membesar dan membuat jalan lendir itu keluar melalui vagina. Warnanya bisa bening, merah muda, atau sedikit berdarah. Namun lendir bercampur darah tidak selalu menjadi tanda awal bahwa anda akan melahirkan. Lendir ini bisa keluar juga ketika Anda berhubungan seks pada saat sedang hamil atau melakukan pemeriksaan vagina.
  6. Perubahan pada serviks. Jaringan pada serviks Anda akan melunak atau menjadi elastis. Jika Anda sudah pernah melahirkan, serviks Anda akan lebih mudah membesar sekitar satu atau dua sentimeter sebelum persalinan dimulai. Namun jika Anda baru pertama kali mengalami masa-masa ini, pembukaan serviks sebesar satu sentimeter tidak bisa menjadi jaminan Anda akan segera melahirkan.
  7. Air ketuban pecah. Tanda melahirkan paling umum yang diketahui oleh kebanyakan orang adalah pecahnya air ketuban. Kebanyakan wanita lebih dulu merasakan kontraksi sebelum air ketuban pecah, tapi ada juga yang mengawalinya dengan pecahnya ketuban. Ketika hal ini terjadi, biasanya persalinan akan menyusul dengan segera. Namun bahayanya, jika air ketuban sudah pecah, tapi Anda tidak juga mengalami kontraksi, maka bayi Anda akan lebih mudah terserang infeksi. Hal itu dikarenakan cairan yang selalu melindungi bayi dari kuman selama berada di kandungan ini telah habis. Jika hal ini terjadi, proses induksi akan dilakukan untuk keselamatan bayi Anda. Jika Anda sudah mengalami pecah ketuban, bergegaslah ke rumah sakit. Biasanya persalinan akan terjadi sekitar 24 jam setelah ketuban pecah.

Sedangkan dilahat darisegi emosional, merasa mudah marah atau moody selayaknya masa-masa pramenstruasi yang anda rasakan menjelang persalinan.

Tips Mendekati Masa Persalinan

Umumnya pada usia hamil 9 bulan atau 40 minggu akan terjadi proses melahirkan. Pada usia tersebut fisik bayi telah siap untuk menjalani kehidupan di luar rahim anda. Namun itu tidak dapat dijadikan sebuah patokan karena tidak semua wanita melahirkan pada kisaran waktu tersebut.

Ketika anda telah memasuki bulan ke-9 kehamilan, sebaiknya anda telah menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan selama persalinan. Jadi jika air ketuban telah pecah atau terjadi kontraksi, segeralah bergegas ke rumah sakit dan jangan lupa membawa perlengkapan yang dibutuhkan. Perlengkapan yang perlu anda bawa meliputi :
  • Perlengkapan bayi.
  • Tas berisi pakaian dan peralatan mandi.
  • Makanan ringan.
  • Buku, majalah atau barang apa pun yang bisa menemani anda menunggu persalinan.
  • Bantal dan selimut yang nyaman.
  • Jangan lupa di era zaman sekarang jika anda ingin mengabadikan momen bahagia ini, anda bisa juga menyiapkan kamera video dengan baterai yang telah terisi penuh beserta charger.
Simpan barang-barang tersebut di satu tempat yang mudah dijangkau saat kondisi darurat.

Selain perlengkapan, anda juga sudah harus memastikan siapa yang akan mendampingi anda selama persalinan. anda bisa memilih suami, ibu, atau keluarga lainnya. Disarankan pilihlah orang yang dapat memberi semangat kepada anda karena selain membutuhkan tenaga kesiapan mental juga diperlukan saat diruang persalinan. Dengan mengetahui tanda-tanda melahirkan, semoga anda juga akan menjadi lebih siap dalam menghadapi persalinan. Baca juga artikel tentang Cara mengatasi flu pada bayi secara aman dan nyaman. Semoga diberikan kesehatan dan kelancaran selalu


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.