Menu Buka Puasa Lengkap Dengan Takjil Di Hari Ke - 6

Menu buka puasa - Sudahkah bunda memikirkan menu buka puasa hari ini yang akan disajikan saat waktunya berbuka tiba ? Sebaiknya kita mulai menyiapkan resep menu makanan buka puasa sejak di pagi hari dengan tujuan kita tidak akan tergesa - gesa saat menjelang adzan magrib. Tidak hanya menu untuk buka puasa saja yang kita bayangkan namun kita juga harus memikirkan resep masakan untuk anak kita yang mulai belajar untuk berpuasa di bulan suci ramadhan kali ini. Walaupun sebuah menu buka puasa yang praktis akan tetapi jika kita mengerjakannya dengan senang hati maka masakan buka puasa akan terasa sangat istimewa di mata keluarga kita.

Membuat makanan untuk berbuka yang spesial tidaklah harus seperti resep makanan jepang yang ada pada restoran mahal. Cukup dengan cara penyajian yang berbeda tentu akan menjadikan makanan terasa berbeda, misalnya saja membuat olahan daging ayam namun cara penyajiannya dengan cara di kecapi. Lalu bagaimana cara membuat menu masakan buka puasa seperti resep masakan ayam kecap tersebut ? Selain memberikan banyak protein dari daging ayam, masakan yang diolah dengan cara di kecapi akan memberikan ciri khas tersendiri.

Namun kita juga jangan lupa untuk menyiapkan menu jajanan takjil saat berbuka nanti. Jika memang dirasa ketika bunda akan menghabiskan banyak waktu apabila membuat resep masakan ayam kecap maka sebuah minuman berupa es kelapa segar juga dapat menjadi pilihan menu takjil buka puasa. Dengan memanfaatkan buah kelapa yang banyak dijual saat puasa tiba, kita dapat membuat minuman dengan resep es kelapa muda yang dipadukan dari beberapa buah nangka. Mari langsung saja kita lihat menu makanan buka puasa seperti apa yang dapat dijadikan menu untuk bulan ramadhan ini.

Menu Buka Puasa Lengkap Dengan Takjil Di Hari Ke - 6

menu untuk buka puasa


Daging ayam merupakan bahan makanan yang sangat laris dibeli setiap saat terlebih lagi di bulan ramadhan. Rasa yang gurih dan enak menjadi alasan mengapa daging ayam banyak diburu baik di pasar tradisional maupun swalayan. Selain itu, banyak resep yang dapat digunakan untuk mengolah daging ayam namun kali ini kami akan membagikan resep terbaik mengolah daging ayam dengan resep masakan ayam kecap.

Tentu kita tidak akan asing dengan olahan makanan yang satu ini karena resep ayam kecap hampir sama dengan resep kecap bango. Resep ini kami bagikan kepada anda yang memiliki sedikit waktu untuk menyiapkan makanan buka puasa karena selain praktis resep ayam kecap sangat mudah untuk dibuat sehari - hari. Mari langsung saja kita lihat bagaimana cara membuat resep masakan ayam kecap tersebut pada ulasan dibawah ini :

Resep masakan ayam kecap untuk menu masakan buka puasa


Bahan - bahan yang diperlukan :

  • 1/2 ekor ayam, potong 6 bagian lalu tambahkan 2 sendok makan air jeruk nipis dan 1/2 sendok teh garam aduk rata
  • 1/2 ruas jari jahe, memarkan
  • 1/2 butir bawang bombai, potong panjang
  • 1/2 sendok teh lada putih bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan margarin, untuk menumis
  • 1 buah tomat, potong panjang
  • 2 tangkai daun bawang, potong serong
  • 4 siung bawang putih, memarkan
  • 5 sdm Kecap Bango Manis Pedas Gurih
  • 100 ml air
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat Ayam Kecap :

  1. Pertama -tama panaskan minyak lalu goreng ayam dalam minyak panas sampai matang namun tidak kering, kemudian angkat dan sisihkan.
  2. Setelah itu panaskan margarin lalu tumis jahe beserta bawang putih sampai tercium aroma harum, kemudian masukkan bawang bombai dan tumis sampai layu.
  3. Langkah selanjutnya masukkan ayam, lalu aduk sebentar. Jangan lupa untuk menambahkan Kecap Manis Pedas Gurih (Bango) beserta air, lada dan garam. Lalu tumis sampai matang. Kemudian masukkan tomat beserta daun bawang, lalu anda aduk sebentar, kemudian angkat dan sajikan ayam kecap buatan anda dalam keadaan hangat.

Untuk menu takjil di waktu bulan ramadhan, kita dapat membuat minuman dari segarnya es kelapa muda. Selain banyak di jual sehingga kita mudah mendapatkan buah kelapa, manfaat buah kelapa juga dapat mengembalikan ion - ion tubuh yang hilang setelah kita berpuasa seharian sebelumnya. Disini buah kelapa dapat divariasikan dengan tambahan buah nangka supaya es kelapa muda tersebut memiliki bau yang wangi dari buah nangka. Penasaran bagaimana cara membuat es kelapa muda buah nangka tersebut ? Mari kita lihat resep minuman takjil tersebut pada ulasan sebagai berikut :

Resep es kelapa muda buah nangka untuk takjil bulan ramadhan
menu takjil

Bahan - bahan yang diperlukan :

  • 1 buah kelapa muda, keruk
  • 5 mata nangka matang, potong-potong kecil
  • 150 ml sirup cocopandan
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Es Kelapa Muda Buah Nangka :

  1. Campur kelapa muda, nangka, dan sirup cocopandan, aduk rata.
  2. Masukkan ke dalam gelas saji, beri es batu, sajikan segera.

baca juga :


Demikian postingan kami yang baru saja membahas tentang cara membuat resep masakan ayam kecap untuk disajikan di waktu berbuka puasa kali ini. Semoga menu buka puasa dan takjil diatas cocok dan dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terima kasih ..


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.