Mengenal Tanda Akan Segera Melahirkan Sudah Dekat

Tanda persalinan sudah dekat - Bagaimana cara mengetahui tanda bayi akan lahir ? Proses melahirkan merupakan sebuah momen yang sangat dinantikan bagi seorang wanita yang sedang hamil terlebih lagi ketika tanda - tanda persalinan sudah dekat. Akan tiba saatnya menyandang status baru sebagai seorang ibu dari calon bayi yang berada dalam perut. Hal tersebut sering kali membuat seorang calon ibu dan calon bapak terkadang merasa tidak tenang apalagi ketika sang ibu sudah mendekat tanda - tanda melahirkan anak pertama karena calon bayi dapat segera ingin keluar sewaktu-waktu dan merasakan udara bumi untuk pertama kalinya. Oleh karena itu ada baiknya kita mengantisipasi demi keselamatan sang ibu dan calon bayinya dengan cara kita mengenal ciri-ciri dan tanda akan segera melahirkan pada ibu hamil.

Pada bulan-bulan akhir kehamilan, tubuh anda memproduksi progesteron yang berguna untuk melunakkan jaringan pada area cervix (leher rahim menghubungkan uterus dan vagina) dan pelvis (panggul) untuk persiapan proses persalinan. Melahirkan di mulai saat kontraksi rahim mulai meregangkan jaringan di sekirar cervix. Sebenarnya kita tidak perlu bingung akan kapan tanda melahirkan sudah dekat karena kebanyakan seorang wanita, melahirkan pada usia kehamilan antara minggu ke 39 dan 41. Tetapi karena lama kehamilan setiap orang berbeda-beda, maka banyak ibu yang melahirkan bayi pada salah satu minggu tersebut tanpa menunjukkan tanda-tanda prematur atau lahir terlambat.

Tanda-tanda persalinan akan muncul dan mulai terasa oleh ibu hamil tidak hanya pada saat pembukaan 1 namun sebelum proses kelahirannya, terkadang ada juga yang pernah merasakan bayi akan lahir semenjak seminggu sebelum melahirkan. Memang untuk kondisi tertentu ciri - ciri akan persalinan ini akan muncul dalam waktu berminggu-minggu sebelum melahirkan, akan tetapi kebanyakan calon ibu sering merasa kurang mengetahui karena tanda akan melahirkan anak pertama dengan anak yang kedua tentu berbeda. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk mengetahui tanda-tanda menjelang persalinan atau melahirkan. Berikut akan kita bahas ciri - ciri dan tanda persalinan sudah dekat, sudah sepatutnya anda mulai bersiap untuk segera melahirkan apabila sudah terdapat gejala-gejala seperti dibawah.

Mengenal Tanda Akan Segera Melahirkan Sudah Dekat

tanda tanda seminggu sebelum melahirkan



  • Pecahnya Air Ketuban
Salah satu tanda bawah anda sang ibu harus segera ke rumah sakit/ dokter untuk melakukan proses persalinan yakni pecahnya air ketuban, Desakan kontraksi serta tekanan kepala janin pada mulut cervix yang menyebabkan pecahnya air ketuban.

  • Keluarnya Lendir Kental Bercampur Darah
Tanda bahwa sang ibu akan segera menjalani proses persalinan apabila keluarnya lendir kentar yang bercampur darah yang disebabkan gumpalan lendir yang lengket pada leher rahim atau mucus sudah tidak dapat menyumbat rahim dan janin.

  • Adanya Kontraksi
Kontraksi biasa dimulai seperti sakit pada punggung area bawah, dan kemudian beralih ke bagian bawah perut, ada yang beragapan rasanya sama seperti pada saat mulas waktu haid. Saat mulas tersebut dapat anda rasakan perut seperti mengeras . bergerak kebagian perut dengan tangan dapat anda rasakan bagian perut tersebut mengeras, permulaannya sih biasa dengan teratur , namun frekuensi mulas tersebut akan bertambah seiring semakin dekatnya sang ibu dengan proses persalinan, semakin dekat anda dengan proses persalinan maka kontraksi akan terasa semakin nyeri dan semakin terasa dan dapat dikatakan proses inilah yang masa terberat saat melahirkan yang mungkin anda berfikir untuk mendapatkan obat penghilang rasa nyeri .

  • Adanya Rasa Nyeri di Selangkangan
Rasa nyeri di bagian selangkangan disebabkan tekanan yang diakibatkan posisi kepala janin sudah dalam posisi turun ke bawah, yakni ke arah daerah rangka tulang pelvis. Dengan posisi janin yang menekankandung kemih, membuat sang ibu menjadi sering buang air kecil, sakit perut, buang angin, dan sering buang air besar.

  • Rasa Sakit Pada Bagian panggul serta Tulang Belakang
Hal ini disebabkan oleh pergerakan janin yang mulai menekan tulang belakang .

Melahirkan merupakan proses yang panjang dan melelahkan. Sebelum kita memasuki tahap tersebut, Anda akan mengalami tanda-tanda melahirkan. Dan tidak semua wanita mengalami tanda-tanda melahirkan yang sama.


Ketika Anda sudah memasuki usia ke-9 bulan kehamilan, alangkah lebih baiknya jika Anda telah menyiapkan segala perlengkapan yang diperlukan selama persalinan. Kali ini kami akan memberitahukan tips menjelang melahirkan sehingga jika air ketuban telah pecah atau terjadi kontraksi, Anda dapat langsung membawa perlengkapan tersebut, lalu bergegas ke rumah sakit. Perlengkapan yang perlu Anda bawa meliputi :

  1. Tas berisi pakaian dan peralatan mandi.
  2. Perlengkapan bayi.
  3. Makanan ringan.
  4. Buku, majalah atau barang apa pun yang bisa menemani Anda menunggu persalinan.
  5. Bantal dan selimut yang nyaman.
  6. Jika Anda ingin mengabadikan momen bahagia ini, Anda bisa juga menyiapkan kamera video dengan baterai yang telah terisi penuh beserta charger.

baca juga artikel lainnya :
Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Bayi Secara Alami
Tanda - Tanda melahirkan Anak Kedua

Simpan barang-barang tersebut pada suatu tempat yang mudah dijangkau jika terjadi kondisi darurat. Demikian artikel mengenai tanda2 mau melahirkan kali ini, semoga dapat memberikan suatu manfaat bagi kita semua. Terima kasih ..


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.