Hamil 4 Bulan : Perkembangan Janin dan Ciri - Ciri Usia Kandungan 4 Bulan

Hamil 4 Bulan - Bagaimana cara mengetahui perkembangan janin dan ciri - ciri usia kandungan 4 bulan ? Pada kehamilan bulan ke 4 anda sudah tidak perlu begitu mencemaskan akan bahaya pendarahan yang berpotensi terjadinya keguguran. Hal ini karena janin sudah berusia 4 bulan telah menempel lebih kuat didalam kandungan ibu hamil dari sebelumnya. Namun demikian kita tetap harus mengontrol diri dan menjaga kandungan.

Pada usia kandungan 4 bulan banyak pertumbuhan yang telah terjadi pada janin didalam perut sang ibu. Perkembangan janin yang sudah memasuki bulan ke 4 kehamilan sudah mulai dari mata yang terbentuk dengan baik, struktur gigi dan tulang telah mengeras, bulu mata, alis, kuku dan rambut telah terbentuk. Meskipun sulit dan samar saat di USG namun pada usia kehamilan 4 bulan ini jenis kelamin sudah dapat terlihat karena alat reproduksi atau kelamin bayi telah mulai berkembang. Detak jantung bayipun juga sudah mulai terdengar disamping itu jantung mampu bekerja 25 liter darah perhari.

Sementara perkembangan berat janin pada kisaran 85 gram dan panjang bayi sekitar 16 centimeter. Pada masa kehamilan 4 bulan ini kita tetap harus berusaha sama halnya kita dulu kita berusaha dalam bagaimana sulitnya cara membuat anak. Oleh karena itu kami akan membahas bagaimana ciri-ciri dan perkembangan ibu hamil beserta sang calon buah hati, dan berikut ini adalah ulasannya.

Hamil 4 Bulan : Perkembangan Janin dan Ciri - Ciri Usia Kandungan 4 Bulan

kehamilan 4 bulan


A. Perkembangan Janin Hamil Bulan ke 4

1. Hamil Minggu ke 15
  • Hamil 15 minggu - Awal hamil bulan ke 4 bulu-bulu halus sudah mulai tumbuh, hal ini juga berfungsi untuk mempertahankan suhu panas dalam tubuhnya. Yang kemudian bulu tubuh ini bisa juga rontok saat akan dilahirkan. Disini pulalah tumbuhnya bulu mata dan alis dimulai. Bayi anda sudah bisa menggerakan otot-otot wajah seperti meringis dan mengerutkan wajah. Namun hal itu bukanlah ekspresi wajah suasana hatinya hanya untuk meregangkan otot wajahnya.

2. Hamil Minggu ke 16
  • Hamil 16 minggu - Pengerasan tulang pada janin dimulai minggu ke 16 ini, tulang-tulang akan lebih keras meskipun masih lentur dan tidak kaku, hal ini akan diperlukan untuk nanti dalam proses kelahirannya juga supaya dia bisa berjalan pada rahim dan lekuar lebih mudah. Bagi anda yang mempunyai bayi perempuan, pada minggu ini sudah mereproduksi ratusan ribu sel telur yang kemudian bisa menjadi anak-anaknya dimudian hari jika sudah siap dan dewasa. Tali pusat sebagai media masuknya nutrisi juga sudah kuat sehingga janin dalam rahim anda akan lebih nyaman bergerak.

3. Hamil Minggu ke 17
  • Hamil 17 minggu - Tali pusar masih berkembang dan menjadi lebih tebal dan kuat. Bayi anda sudah mulai memproduksi jaringan lemak yang membantu dia dalam menyesuaikan panas tubuhnya. Kaki dan lengan sudah mulai memanjang, lengannya sudah bisa meraih kepalanya dan bisa menepuk-nepuk. Telingan bayi juga sudah mulai sempurna dan mempersiapkan diri untuk bisa mendengar suara.

4. Hamil Minggu ke 18
  • Hamil 18 minggu - Minggu ke 18 bayi anda sudah mulai bisa mendengar suara-suara, baik itu dari dalam seperti aliran darah tali pusar, detak jantung sang ibu dan juga suara-suara dari luar seperti musik, jeritan dan suara-suara diluar dekat dengan dia. Pada minggu inilah anda mulai bisa mendengarkan musik pada bayi anda. Meskipun tidak mengerti maksudnya, bayi sudah bisa merasakan dan tentu suara-suara dari orang tua atau sang ibu menjadi tidak asing jika sering mendengarkan.

B. Perkembangan Ibu dan Gejala Hamil 4 Bulan
Ibu hamil 4 bulan pada awal trimester kedua, sang ibu biasanya sudah mulai merasakan nikmatnya kehamilannya. Kabar kehamilan anda sudah mulai tersebar. Dan berita baiknya adalah resiko keguguran pada trimester kedua menurun seiring semakin kuatnya janin pada rahim. Perkembangan perubahan dan gejala yang mungkin terjadi adalah:

1. Perubahan dan Gejala Fisik
  1. Produksi hormon kehamilan sekarang diambil alih oleh plasenta. Oleh karena itu anda akan merasa lebih baik dari bulan lalu karena ciri-ciri hamil seperti mual dan muntah, lelah, kram dan pusing sudah mulai hilang.
  2. Akan nampak perubahan pada perut, perut akan terlihat sedikit membesar meskipun anda belum membutuhkan baju hamil.
  3. Jantung anda akan berdetak lebih kencang, karena pada masa ini tubuh anda akan memproduksi darah dalam jumlah yang banyak.
baca juga :
 
2. Perubahan dan Gejala Emosional
  1. Anda akan menerima keadaan lebih mudah dari sebelumnya bahwa anda sedang hamil
  2. Mungkin anda akan kesal bila ada masalah atau hal tertentu di mana orang tidak menyadari bahwa anda sedang hamil

Demikian artikel kami kali ini yang membahas mengenai perkembangan janin didalam kandungan ibu hamil yang sudah memasuki usia 4 bulan. Semoga apa yang telah kita bahas kali ini dapat memberikan sebuah manfaat bagi para pembaca artikel mangsawanita.blogspot.com ini. Terima kasih

2 komentar

This comment has been removed by the author.

kami akan memberikan informasi tentang https://medium.com/@sandorosay/cara-menggugurkan-kandungan-di-klinik-aborsi-raden-saleh-4cf761969992 cara menggugurkan kandungan aman kepada anda apa bila anda sedang mencari obat ini kami menyediakan paket pengiriman gratis https://klinikobataborsimurah.wordpress.com/2017/11/04/selain-mediol-ini-obat-pelancar-haid-yang-dijual-bebas-di-apotik-online/ obat pelancar haid dan tidak lupa berkunjung ke website kami jika ingin mengetahui tutorial lainnya https://tuntaskan.jimdo.com/2017/09/26/cara-menggugurkan-kandungan-dengan-nanas-bodrex.

Dalam melakukan https://www.dokterobatkandungan.com/cara-menggugurkan-kandungan-dengan-sprite-dan-bodrex/ cara menggugurkan kandungan dengan sprite dan bodrex anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang kami berikan karena oleh sebab itu anda memerlukan informasi untuk info bisa https://sites.google.com/view/klinikaborsisalemba/

hanya di https://kandungan.weebly.com/ Klinik Aborsi kami selalu memberikan informasi lengkap dan bebas konsultasi karena kami paham betul karena anda perlu semua informasi yang anda butuhkan untuk melakukan suatu proses http://caramenggugurkankandungan.bravesites.com/entries/general/cara-menggugurkan-kandungan-dengan-sprite


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.